SHARE
5 Destinasi Unik di Arab Saudi Wajib Anda Kunjungi
5 Destinasi Unik di Arab Saudi Wajib Anda Kunjungi

Netizenpos.com – Pastinya Anda pernah mendengar mengenai satu negara bernama Arab Saudi, ternyata tidak hanya dari Makkah dan Madinah saja, tetapi masih terdapat beragam destinasi menarik bahkan dianggap unik yang wajib dikunjungi para pelancong. Memang dari Arab Saudi masih identik dengan umat Muslim, maka dari itu tak heran bila negara satu ini disebut sebagai Tanah Suci. Bila Anda penasaran mengenai daftar destinasi unik di Arab Saudi, berikut ada beberapa daftarnya untuk Anda.

Jalan Unik Super Lurus

Ada satu destinasi menarik sekaligus menjadi yang terunik di Arab Saudi yakni Highway 10 dimana berupa jalan lurus terpanjang didunia yang membentang dari Haradh hingga ke Al Batha. Waktu tempuh dari jalan terpanjang di dunia ini bisa mencapai 2 jam 20 menit bahkan setiap kendaraan akan melewati gurun, bebatuan, dan kondisi tanah yang gersang. Panjang jalan totalnya mencapai 260km sehingga setiap pengendara disarankan untuk tetap konsentrasi karena bisa menghilangkan fokus.

Al Naslaa

Mungkin bagi para jamaah haji pernah mendengar Al Naslaa dimana lokasinya berada di Madina, Arab Saudi. Sebuah batu berukuran besar berada di tengah Padang Pasir Tayma yang sampai sekarang diselimuti misteri. Dari bentuknya batu besar tersebut seperti terbelah oleh pedang. Al Naslaa masih menjadi misteri sampai sekarang dimana belum ada yang tahu penyebab dari terbelahnya batu berukuran besar tersebut. Bahkan dari batu tersebut memiliki penyangga berupa batuan kecil sehingga para arkeolog sampai sekarang belum bisa memecahkan misterinya.

Kawah Al Wahbah

Destinasi wisata berupa kawah gunung memang sangat menarik, maka dari itu di Arab Saudi juga memiliki destinasi wisata berupa jawah gunung bernama Al Wahbah. Diameter dari kawah tersebut sangat luas mencapai 2km yang posisinya berada di tengah padang pasir. Dari warna kawah terlihat putih terang bahkan para ahli geologi memiliki pendapat bahwa kawah tersebut terbentuk karena aktivitas vulkanik dari gunung berapi yang meledak pada masa lalu. Lokasi dari Al Wahbah berada di dataran tinggi Hafer Kishb sekitar 254km dari kota Taif.

Kota Kuno Al Ula

Selain kawah gunung, terdapat satu destinasi menarik lainnya yakni Al Ula dimana berupa kota kuno berumur lebih dari 2000 tahun. Kota tua tersebut konon pernah dilewati Nabi Muhammad yang memiliki suasana menyeramkan. Akan tetapi dari kisah sejarahnya Al Ula adalah sebuah kota ataupun oase di tengah gurun dengan kondisi alam subur serta berlimpah air. Bahkan bagi umat Islam, Al Ula dianggap sacral sampai sekarang.

Kastil Qasr Al Farid

Masih ada satu lagi destinasi unik di Arab Saudi berupa kastil kesepian yakni Qasr Al Farid. Bangunan bersejarah tersebut berada di tengah gurun dan lokasinya berada di 400km dari kota Madinah. Bahkan kastil tersebut berbatasan langsung dengan kota kun Petra Yordania. Dari kastil tua tersebut menyimpan segudang kisah sejarah yang sangat menarik bagi wisatawan, bahkan di tahun 2008 Mada’in Saleh sudah menjadi situs warisan dunia UNESCO yang mana memiliki bentuk dan kisah sejarah menarik.

Itulah beberapa destinasi wisata terunik di Arab Saudi. Mulai sekarang jelajahi beberapa tempat wisata unik di Arab Saudi yang memiliki kisah-kisah sejarah. Semoga dari informasi di atas bisa memberi gambaran kepada Anda mengenai tempat-tempat menarik yang ada di Arab Saudi.