SHARE
Rambut Anda Kurang Subur? Mungkin Ini Penyebabnya
Rambut Anda Kurang Subur? Mungkin Ini Penyebabnya (FOTO : AylaCream.com)

Netizenpos.com – Kesehatan rambut kini banyak disoroti karena banyaknya produk kesehatan rambut yang memberi banyak keuntungan. Seiring perkembangan zaman, kondisi lingkungan memberi efek buruk pada kesehatan rambut dimana polusi udara bisa memberi efek lepek ataupun rambut kering. Sebenarnya tidak hanya dari kondisi lingkungan saja, tetapi ada berbagai hal yang bisa menjadi faktor penyebab kerusakan rambut. Maka dari itu bagi siapa saja yang menginginkan kondisi rambut terlihat tetap sehat sebaiknya ketahui dulu apa saja penyebab dari rambut tidak tumbuh subur.

Pemakaian Alat Penata Rambut

Salah satu penyebab dari rambut tak sehat adalah penggunaan alat penata rambut dimana mempunyai suhu tinggi yang bisa merusak tekstur rambut apalagi jika digunakan secara berlebihan. Penggunaan alat rambut setiap hari bisa memberi efek kurang baik yakni rambut menjadi rusah dan rontok jadi sedini mungkin hindari alat penata rambut.

Aktivitas Berenang

Tidak hanya dari alat penata rambut saja, aktivitas berenang juga membuat kondisi rambut semakin rusak. Beberapa zat kimia untuk menjernihkan air harus diwaspadai karena akan merusak kesehatan rambut, maka dari itu setelah berenang sebaiknya bersihkan rambut memakai shampoo.

Mengucir Rambut

Kebiasaan mengucir rambut bisa memberi efek baik dan buruk. Mengucir rambut akan membuat kondisi rambut lebih tertata dan terlihat rapi, akan tetapi bila mengucir rambut secara terus menerus dan dalam kondisi terlalu kuat akan membuat rambut menjadi rontok ataupun kekurangan oksigen, jadi kucirlah rambut pada saat kondisi tertentu saja.

Aktivitas Menggosok Rambut Memakai Handuk

Proses pengeringan rambut memakai handuk setelah mandi tentu menjadi satu kebiasaan rutin bagi wanita. Akan tetapi dari kebiasaan mengeringkan rambut memakai handuk bisa membuat rambut rusak apalagi jika menggosok rambut dalam tekanan kuat yang membuat rambut mudah rontok.

Penggunaan Air Hangat

Mencuci rambut secara terus menerus memakai air hangat bisa merusak rambut. Kondisi air panas aakan menghilangkan minyak alami pada rambut sehingga tekstur dari rambut akan terlihat tipis serta mudah sekali rontok.

Penggunaan Obat – Obatan

Konsumsi obat-obatan juga bisa menyebabkan kerusakan pada akar rambut dimana kondisi rontok lebih sering terlihat. Pemilihan obat kesehatan rambut menjadi satu kunci untuk mendapatkan kondisi rambut lebih sehat.

Paparan Sinar Matahari

Kondisi lingkungan terutama paparan sinar matahari terlalu panas bisa memberi efek buruk pada kondisi rambut. Lapisan terluar pada rambut akan menjadi kering kemudian kusam jika sering terpapar sinar matahari dalam durasi lama. maka dari itu lindungi rambut memakai payung ataupun topi jika berada di luar ruangan.

Kekurangan Nutrisi

Seperti kita ketahui, rambut membutuhkan nutrisi untuk terus tumbuh sehat, maka dari itu beri asupan nutrisi vitamin B dan protein agar kesehatan rambut tetap terjaga.

Kesehatan rambut untuk para wanita maupun pria kini sangat diperhatikan karena bisa menunjang penampilan saat bekerja. Maka dari itu jika terjadi kerusakan rambut yang disebabkan oleh kurangnya perawatan ataupun tidak adanya asupan nutrisi sebaiknya segera ditangani. Ada beragam cara untuk menyuburkan kembali rambut Anda bahkan bisa menyehatkan rambut tanpa ada efek samping, memakai bahan-bahan alami seperti lidah buaya dan madu sangat efektif dalam menyehatkan rambut.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab dari kerusakan rambut yang sampai sekarang masih terus terjadi. Bagi para wanita maupun pria sebaiknya rawatlah kesehatan rambut sebelum mengalami kebotakan.