SHARE
Tips Mudah Atasi Gangguan Tidur Akibat Smartphone
Tips Mudah Atasi Gangguan Tidur Akibat Smartphone (FOTO : JalanTikus)

Netizenpos.com – Terkadang banyak pemilik smartphone melakukan kebiasaan berupa menonton ponsel mereka sebelum tidur. Padahal dari berbagai pakar kesehatan, aktivitas menonton layar smartphone sebelum tidur membuat kualitas tidur menurun,bahkan bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan.

Tentu saja waktu untuk tidur menjadi sangat berharga dimana mampu menjaga metabolisme tubuh secara maksimal. Maka dari itu bagi pemilik smartphone sebaiknya jangan bermain smartphone sebelum tidur kemudian ada beberapa tips mudah yang bisa mengatasi gangguan tidur diakibatkan aktivitas smartphone.

Mengatur Warna Layar

Sebaiknya aturlah warna layar smartphone menjadi lebih hangat sehingga lebih mudah mengatasi gangguan tidur yang disebabkan perangkat smartphone. Hindari sinar biru dari ponsel namun sebenarnya dalam prakteknya cukup sulit dilakukan.

Atur Warna Layar Menjadi Lebih ‘Hangat’

Saat kamu mengetahui penyebabnya, kamu akan lebih mudah mengatasi gangguan tidur yang disebabkan smartphone. Caranya mudah, yakni dengan menghindari sinar biru dari smartphone. Tampak sangat mudah diucapkan, tetapi tips ini sulit untuk diterapkan. Beberapa smartphone sudah memberi pengaturan layar yang memiliki efek warm atau hangat dari tampilan layarnya. Bahkan ada beberapa ponsel memberikan efek Melatonin yang efeknya jauh lebih rendah dibandingkan sinar biru. Maka dari itu sesuaikan tingkatan warna agar Anda bisa terhindar dari paparan negatif sinar biru. Pada perangkat iPhone bisa memanfaatkan fasilitas Night Shift.

Gunakan Bantuan Hardware

Penggunaan hardware juga mampu menghindarkan pengguna dari paparan sinar biru di malam hari. Produk eskternal yang bisa digunakan sebelum tidur adalah kacamata dengan lensa berwarna orange yang sangat efektif untuk menghalangi sinar biru. Tidak hanya itu, pemakaian proteksi layar smartphone bisa memerangi sinar biru dari ponsel secara efektif.

Jangan Sentuh Smartphone

Cara mudah yang akan membuat proses tidur Anda lebih nyenyak adalah segera hindarkan ponsel dari jangkauan Anda sebelum tidur. Setidaknya beri jeda 1 jam sebelum tidur lalu letakkan ponsel pada posisi lebih jauh dari tubuh sehingga Anda tak terpapar radiasi terlalu besar.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan agar kualitas tidur tidak terpengaruhi oleh radiasi ataupun efek negatif perangkat smartphone. Sangat mudah bukan?