SHARE
7 Hal Penting Yang Mempengaruhi Panjangnya Umur Seseorang
7 Hal Penting Yang Mempengaruhi Panjangnya Umur Seseorang (FOTO : Vebma)

Netizenpos.com – Berbagai macam faktor dalam umur seseorang sepertinya sangat menarik untuk dibahas. Meskipun di berbagai negara memberi informasi bahwa angka harapan hidup di kota-kota besar kini semakin menurun dibandingkan orang yang hidup di pedesaan. Meskipun demikian tidak semua orang bisa memiliki kesempatan hidup berumur panjang, dan ternyata mengenai panjangnya umur seseorang bisa disebabkan oleh beberapa fakta yang sudah terbukti dari berbagai macam penelitian. Nah, jika Anda tertarik ingin menjaga kesehatan dan dari umur bisa lebih panjang maka perhatikan beberapa hal berikut ini.

Perilaku

Dari berbagai penelitian telah disimpulkan bahwa seseorang dengan kepribadian conscientious ternyata mempunyai harapan hidup lebih lama dibandingkan kepribadian lainnya. Conscientiouness menjadi satu tingkat ketahi-hatian seseorang dimana mereka lebih menjaga semua perliaku, keputusan, sampai bagaimana mereka melakukan gaya hidup sehat.

Pola Makan

Selain perilaku, ternyata pola makan juga sangat berpengaruh terhadap panjangnya usia seseorang. Tidak hanya menjaga kesehatan dari olahraga saja, tetapi Anda juga wajib memperhatikan pola makan dari jenis makanan yang Anda santap sehari-hari. Beberapa penelitian memberi kesimpulan dimana pola makan terjaga dengan asupan kalori yang sedikit bisa mengurangi kadar radikal bebas di dalam tubuh sehingga dari beberapa bagian tubuh seperti pembuluh darah, jantung, dan organ lainnya akan tetap sehat bahkan bisa menghindari penyakit dimensia.

Genetika

Beberapa studi di berbagai negara maju memberikan informasi bahwa panjangnya usia seseorang bisa disebabkan oleh faktor genetika. Dari manusia yang memiliki usia 110 tahun ternyata akan memberikan genetic usia panjang pada keturunannya. Kombinasi faktor genetic tersebut yang sampai sekarang masih diteliti kebenarannya, akan tetapi sebagian besar orang yang memiliki keluarga berusia di atas 100 tahun memberikan hasil yang hampir sama dimana usia anggota keluarga ada yang melebihi 100 tahun.

Tingkat Pendidikan

Percaya atau tidak kalau tingkat pendidikan sangat berpengaruh terhadap panjangnya usia seseorang. Tingkat pendidikan setara SMA rata-rata akan memberi usia kurang dari 70 tahun, sedangkan pada tingkat pendidikan di atas SMA akan memberi usia di bawah 80 tahun. Tingkat pendidikan sangat mempengaruhi akses informasi mengenai kesehatan ataupun penyakit sehingga mereka memiliki kesadaran dan kepedulian lebih tinggi untuk hidup lebih sehat.

Interaksi Sosial

Kita tahu manusia diciptakan memiliki sifat sosialisme atau berkelompok sehingga siapa saja yang sering berinteraksi sosial akan memberikan kesehatan lebih baik. Dari aktivitas sosial tersebut akan memberi peluang seseorang hidup lebih lama dibandingkan orang yang tak pernah berinteraksi sosial. Kenapa bisa seperti itu? Hal tersebut dikarenakan seseorang yang sering berinteraksi sosial akan terhindar dari depresi atau sering merasa bahagia sehingga mampu menghindarkan resiko penyakit mematikan.

Rutinitas Kerja

Bagi para pekerja berat biasanya pada usia pensiun akan menderita sakit yang cukup mematikan seperti diabetes, jantung, dan stroke. Akan tetapi bagi para pekerja yang selalu aktif setiap hari bisa memberi umur lebih panjang karena aktivitas tubuh terus aktif namun dengan syarat asupan nutrisi makanan terus terjaga.

Waktu Istirahat

Waktu untuk tidur sebaiknya dilakukan salaam 8jam setiap hari untuk memperpanjang usia. Kondisi tidur bisa memberikan waktu bagi beberapa organ termasuk otak untuk beristirahat setelah seharian bekerja keras. Dari istirahat yang cukup bisa menghindarkan seseorang dari penyakit mematikan seperti diabetes, hipertensi, jantung, dan lainnya.

Itulah beberapa faktor yang mampu mempengaruhi panjang umur seseorang, jadi jika ingin usia Anda lebih panjang hiduplah dengan menjalankan pola sehat dari beraktivitas secara rutin, makanan bergizi, sampai menghindari stress.