SHARE
Tips Terhindar Dari Bengkel Nakal Yang Merugikan Anda
Tips Terhindar Dari Bengkel Nakal Yang Merugikan Anda (FOTO : JalanTikus)

Netizenpos.com – Bagi para pemilik kendaraan roda dua ataupun roda empat pastinya pernah mengalami servis rutin di bengkel resmi atau tidak resmi. Perbedaan harga dari jenis dua bengkel tersebut sering membuat pemilik kendaraan merasa kurang yakin sehingga memilih bengkel dengan harga termurah. Namun, dari pemilihan tersebut sering mengakibatkan boomerang dimana para oknum nakal dari bengkel membuat mesin selalu rusak pada jangka waktu tertentu.

Tentu saja dari tindakan bengkel nakal tersebut bisa merugikan finansial Anda bahkan bisa merugikan keselamatan jiwa. Maka dari itu bagi para pemilik kendaraan roda dua ataupun roda empat sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut yang mampu menghindarkan Anda dari kerugian.

Bedakan Harga Sparepart

Setiap pemilik kendaraan wajib mengetahui harga setiap sparepart, seperti oli, busi, dan lainnya. Dari mengenali harga tersebut maka Anda bisa terhindar dari penipuan para montir nakal. Terkadang mereka melihat pemilik kendaraan apakah terlihat tahu mengenai mesin atau tidak, bila dianggap tidak tahu maka mereka biasanya akan menaikkan harga lebih tinggi untuk meraup keuntungan dalam waktu cepat.

Perhatikan Cara Memperbaiki Motor Maupun Mobil

Selain mengamati harga sparepart, sebaiknya Anda melihat cara kerja dari para montir tersebut. Bila terlihat kasar atau asal-asalan tanpa memikirkan kesempurnaan hasil maka patut dicurigai dan Anda bisa memilih bengkel lainnya pada servis berikutnya. Pastikan juga dari montir menawarkan sparepart asli ataupun palsu sebelum dipasang. Biasanya dari montir berkualitas akan menawarkan pilihan kepada pemilik motor apakah ingin memakai sparepart asli atau palsu yang dari harganya sudah jelas berbeda.

Tinggalkan Bengkel Dengan Pelayanan Bermasalah

Selanjutnya para pemilik kendaraan juga harus berhati-hati terhadap bengkel nakal dimana selalu memiliki masalah yang rutin terjadi. Biasanya dari pelanggan akan masuk bengkel dalam waktu tertentu karena permasalahan yang sama. Anda bisa memilih bengkel lainnya yang lebih baik meskipun dari jarak nya cukup jauh atau bisa menggunakan bengkel resmi dari dealer.

Mencoba Servis Sendiri

Para mekanik bengkel biasanya memiliki keahlian sehingga mereka akan membuka servis motor sendiri dirumah. Dari hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk memperbaiki kerusakan motor. Namun bila Anda ingin mencoba memperbaiki motor sendiri tanpa bantuan montir sebaiknya pelajari dulu semua hal mengenai kerusakan motor kemudian setiap permasalahan akan terasa lebih ringan.

Sampaikan Komplain

Para mekanik rata-rata akan bertanya apa keluhan dari pengendara bahkan mereka bisa menerima komplain. Mengenai perbaikan motor sebaiknya harus dikerjakan secara sempurna sehingga mampu memuaskan hati para pemilik motor ataupun mobil. Ingatlah bahwa konsumen adalah raja sehingga memiliki hak untuk mengajukan komplain jika pelayanannya kurang memuaskan.

Itulah beberapa tips bagi pemilik kendaraan yang tak ingin tertipu oleh para montir nakal. Cara paling aman cobalah servis kendaraan di bengkel resmi sesuai merek.