SHARE
Keren! Dari 4 Inovasi Gadget Ini Bisa Membantu Para Penyandang Cacat
Keren! Dari 4 Inovasi Gadget Ini Bisa Membantu Para Penyandang Cacat (FOTO : JalanTikus)

Netizenpos.com – Perkembangan teknologi saat ini semakin menairk dimana mampu memberi inovasi yang bisa mendukung setiap aktivitas penggunanya. Mungkin Anda belum pernah mendengar dimana ada beragam teknologi baru yang ditujukan para penyandang cacat. Secara umum dari penyandang cacat tersebut mempunyai keterbatasan dalam hal fisik sehingga mereka merasa kesulitan untuk mejalankan aktivitas sehari-hari.

Keterbatasan tersebut mendorong banyak instansi untuk membuat berbagai macam inovasi baru untuk membantu kebutuhan para penyandang cacat. Maka dari itu ada 4 teknologi gadget khusus yang diracang untuk mempermudah kebutuhan penyandang cacat sehari-hari. Berikut ini beberapa teknologi yang bisa membantu penyandang cacat.

Tobii Dynavox PCEye Explore

Perangkat gadget satu ini dibuat secara khusus untuk penyandang cacat dimana produksinya dibuat oleh Tobii Dynavox. Dari vendor tersebut memiliki harapan bisa membantu para penyandang cacat yang mempunyai gerakan terbatas. Sistem kerja dari perankat satu ini dioperasikan memakai Windows PC ditambah lagi bagian mata penggunanya. Memanfaatkan eye tracker perangkat menarik berteknologi canggih satu ini mampu mengendalikan mouse serta tidak ada efek radiasi karena dibuat secara detail sehingga pengguna tak khawatir mengenai kesehatan matanya.

UNI

Mungkin dari segi namanya terdengar unik, akan tetapi produk satu ini mampu mendukung aktivitas bagi para tunarungu. Satu inovasi yang menarik dimana kemampuan dari UNI mampu membuat penyandang tunarungu berkomunikasi dengan orang lain bahkan dari cara kerjanya cukup menarik yakni mampu mendeteksi berbagai macam bahasa isyarat memanfaatkan perangkat kamera. Tak hanya itu saja, dari kamera akan mengubah berbagai macam teks sehingga mampu menampilkan komunikasi dari dua arah sehingga dari perangkat UNI bisa dikostumisasi sesuai kebutuhan penggunanya.

Braille Edge 40

Perangkat gadget dari Braille Edge 40 tersebut bisa bermanfaat bagi para penyandang tunanetra. Manfaatnya sangat menarik dimana mampu mengontrol PC komputer, PD bahkan pada perangkat smartphone. Dari Braille Edge 40 tersebut bisa terhubung ke perangkat lainnya dimana terdapat perangkat Bluetooth ditambah lagi ada kabel USB yang mampu mengconvert text di perangkat ke bentuk braille. Tidak hanya itu saja, dari desain perangkat Braille Edge 40 tersebut menyediakan beragam fitur navigasi untuk memudahkan perangkat dalam mendukung atkvitas penyandang tunanetra agar mereka bisa menyelesaikan setiap tugas secara cepat.

Liftware

Dari perangkat gadget terakhir yang banyak dimanfaatkan untuk penyandang cacat khususnya para penderita Parkinson. Liftware menjadi satu perangkat alat makan yang mampu mendukung aktivitas gerak terutama dalam proses makan. Dari getaran tangan bisa dikurangi hingga 70% sehingga mampu meredam gangguan moderate tremors. Cara kerja perangkat gadget satu ini adalah memanfaatkan sistem komputer on board untuk mendeteksi gerakan kemudian memindahkannya ke pegangan lalu dari arah berlawanan getaran tangan diredam.

Itulah 4 inovas gadget yang bisa mendukung para penyandang cacat dimana saat ini tengah dikembangkan dan bisa dijual secara bebas. Meski terlihat mahal namun dari perangkat gadget di atas bisa memberi gambaran kepada kita bahwa para penyandang cacat harus dibantu agar mereka bisa berkembang layaknya manusia lainnya. Semoga dari informasi di atas bisa memberikan gambaran serta memberi motivasi kepada para penyandang cacat yang belum bisa mendapatkan bantuan peralatan.