SHARE
3 Danau Paling Populer dan Wajib DiKunjungi Ketika Mendaki Gunung Semeru
3 Danau Paling Populer dan Wajib DiKunjungi Ketika Mendaki Gunung Semeru (FOTO : RanselWisata)

Netizenpos.com – Aktivitas mendaki gunung sangat menyenangkan, apalagi jika bersama teman-teman atau pasangan. Sebagai pendaki gunung tentu saja mencari kondisi alam yang terlihat familiar dan banyak digunakan secara tempat mendaki. Pastinya dari aktivitas mendaki gunung di Indonesia masih terbilang ramai karena tiap tahunnya banyak dikunjungi pendaki dari luar negeri.

Salah satu gunung yang paling familiar bagi para pendaki adalah Gunung Semeru. Dari kondisi alam Semeru tentu menarik banyak perhatian pendaki, sehingga tak heran bila Semeru menjadi satu spot wajib para pendaki. Kondisi alam yang masih alami menjadi daya tarik tersendiri ditambah lagi ada 3 danau yang memiliki penampakan alam luar biasa indah.

Bagi Anda yang berencana mendaki Semeru sebaiknya singgahlah di beberapa danau bahkan tiga ranu dengan pemandangan alami.

Ranu Pani

Pastinya para pendaki sudah tahu mengenai satu danau di Semeru yakni Ranu Pani. Sebenarnya Ranu Pani sendiri merupakan nama sebuah desa yang digunakan sebagai basecamp sebelum mendaki ke Semeru. Dari desa tersebut terdapat pos registrasi yang dikelola langsung oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Danau Ranu Pani memiliki kondisi sangat menarik dan masih alami. Akan tetapi dari luasnya tidak terlalu besar seperti Ranu Kumbolo, dan karena aktivitas pendakian yang semakin ramai membuat kondisi Ranu Pani semakin memprihatinkan karena terdapat banyak sampah.

Sampai sekarang dari pihak TNBTS sudah berupaya untuk mengurangi banyaknya Salvinia Molesta salah satunya dengan membersihkan tanaman air ke permukaan danau. Jadi bagi Anda yang ingin mendaki Semeru sebaiknya singgah sejenak untuk menikmati keindahan Ranu Pani.

Ranu Regulo

Masih ada satu lagi danau di sekitar Semeru yang memiliki keindahan yakni Danau Ranu Regulo. Dari danau satu ini memiliki lokasi dekat dengan Ranu Pani, akan tetapi kondisinya masih terlihat alami karena belum tercemar Salvinia Molesta. Untuk menuju ke Ranu Regulo sendiri tak terlalu jauh bahkan dari pemandangannya mampu memperlihatkan pohon pinus yang tersaji di bibir danau. Bahkan banyak pendaki menyempatkan diri semalam untuk melihat keelokan dari Ranu Regulo, jadi sangat menarik dan pastinya akan memberi pengalaman berbeda bagi para pendaki.

Ranu Kumbolo

Dari tiga jenis danau terakhir yang bisa disaksikan sebelum mendaki ke Semeru adalah Ranu Kumbolo. Dari danau terakhir ini memberikan daya tarik tersendiri yang mampu menarik perhatian para pendaki. Banyak pendaki menargetkan untuk bisa sampai ke Ranu Kumbolo bahkan menjadikan Ranu Kumbolo sebagai puncaknya. Ranu Kumbolo juga bisa menjadi satu sumber air bagi pendaki sehingga banyak orang berkumpul di Ranu Kumbolo untuk sekedar bermalam atau beristirahat sejenak.

Itulah beragam danau yang nantinya bisa Anda jumpai dalam perjalanan ke gunung Semeru. Sampai sekarang 3 danau tersebut mampu memberikan pengalaman menarik bagi pendaki, maka dari itu bila Anda penasaran segera dakilah gunung Semeru dan saksikan keindahannya.