SHARE
Jenis Makanan Ini Dilarang Untuk Beberapa Negara, Yuk Cek Daftarnya
Jenis Makanan Ini Dilarang Untuk Beberapa Negara, Yuk Cek Daftarnya (FOTO : Vebma)

Netizenpos.com – Kegiatan berlibur ke berbagai negara tentu membutuhkan banyak persiapan dan bekal. Tidak berupa uang saja, tetapi dari makanan juga sangat penting untuk memberi rasa kenyang sebelum membeli makanan khas di sebuah negara. Namun tahukah Anda bila ada beragam jenis makanan yang dilarang beredar di berbagai negara dengan alasan tertentu.

Mungkin terdengar aneh karena biasanya dari jenis makanan yang dilarang adalah kategori narkoba. Bila Anda tak percaya berikut ini akan kami ulas secara lengkap mengenai jenis makanan yang dilarang di berbagai negara.

Samosa

Salah satu menu makanan asal India bernama Samosa memang sangat populer di beberapa negara bahkan menjadi satu makanan favorit banyak kalangan. Dari Samosa tersebut terbuat dari adonan tepung ditambah komposisi daging dan sayuran untuk memberikan cita rasa lebih menarik. Akan tetapi dari makanan Samosa tersebut dilarang untuk beredar di Somalia. Pada tahun 2011 lalu samosa dilarang beredar di Somalia karena bentuk dari samosa berupa segitiga yang dianggap mirip simbol Christian Holy Trynity yang mana mampu menyinggung paham dari sekelompok agama tertentu.

Saus Tomat

Mungkin Anda penyuka dari saus tomat. Ternyata dari jenis bahan makanan satu ini tak boleh beredar di Perancis. Pemerintah Perancis sendiri sudah melarang peredaran saus tomat dinegaranya sejak tahun 2011. Pelarangan tersebut juga berlaku pada café-café yang menyediakan menu dengan pendamping saus tomat. Alasan dari pemerintah Perancis melarang saus tomat beredar adalah untuk melestarikan masakan tradisional Perancis dan mengurangi peredaran makanan instan atau junk food.

Kinder Egg

Menu makanan ringan berupa Kinder Egg juga tak boleh beredar di Amerika Serikat. Secara tegas, pemerintah Amerika Serikat melarang peredaran produk makanan Kinder Egg Surprise karena dari pihak lembaga pengawas makanan dan obat di Amerika Serikat merasa khawatir terhadap resiko yang ditimbulkan dari mainan yang terdapat di dalamnya. Resiko tersedak oleh mainan yang terjadi pada anak-anak menjadi penyebab kenapa Kinder Egg dilarang masuk di Amerika Serikat.

Permen Karet

Para penyuka permen karet sepertinya harus berhati-hati ketika berlibur ke Singapura. Negara berlambang singa tersebut sudah melarang semua warganya termasuk para turis untuk mengunyah permen karet karena bisa menimbulkan efek kotor pada lingkungan. Namun dalam beberapa tahun belakangan pemerintah Singapura memberikan kelonggaran dari aturan makan permen karet yang bisa dilakukan asalkan dengan tujuan kesehatan atau terapi dan saat membelinya harus dari apotek dengan menunjukkan kartu identitas.

Jelly Mangkuk

Satu lagi makanan berbentuk jelly atau lebih tepatnya jelly mangkuk juga dilarang beredar di wilayah Uni Eropa. Alasan pelarangan tersebut karena jelly mangkuk dianggap mengandung zat aditif E425 yang mampu membayahakan kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Itulah beberapa jenis makanan yang tak boleh dibawa ke berbagai negara, jadi para traveller harus waspada dan berhati-hati bila ingin membawa bekal selama perjalanan liburan.