SHARE
Jajanan Anak SD Yang Semakin Hilang di Zaman Modern
Jajanan Anak SD Yang Semakin Hilang di Zaman Modern (FOTO : Vebma)

Netizenpos.com – Bagi usia anak-anak pastinya pernah mencicipi setiap jajanan yang dijajakan lingkungan sekolah atau dirumah. Dari tahun ke tahun perkembangan zaman semakin membuat jajanan pasar tradisional kian berkurang. Banyak anak-anak SD menikmati jajanan yang tak lagi berbentuk unik, namun mereka sering mengkonsumsi makanan yang instan.

Mungkin Anda pernah mengkonsumsi jajanan jadul dengan warna dan bentuk menarik, jika Anda merasa rindu dengan jajanan jadul tersebut, maka kali ini akan kita bahas satu persatu apa saja jajanan jadul ala anak SD.

Cilok

Banyak anak-anak menganggap cilok sebagai satu jajanan tempo dulu dimana sangat identik dengan tusuk bambu ditambah lagi saus yang berasa pedas. Dari segi harga, cilok tidak terlalu mahal sehingga mampu dinikmati banyak kalangan. Akan tetapi jajanan berupa cilok ini sampai sekarang masih tetap eksis dan dari bahan-bahan pembuatnya sudah dimodifikasi berupa camuran daging. Menikmati cilok bisa lebih lezat berkat adanya saus kacang ataupun kecapnya, jadi jangan lupakan jajanan cilok yang sudah melekat di image anak-anak.

Sosis dan Tempura

Satu lagi jenis jajanan untuk anak-anak berupa sosis dan tempura dimana sangat familiar di kalangan anak-anak. Dari tahun ke tahun jajanan sosis dan tempura masih tetap eksis meskipun banyak penjual mencampur adonan tempuran dan sosis menggunakan bahan-bahan kurang baik. Akan tetapi kini makanan siap saji tersebut sudah tersedia di toko-toko atau swalayan sehingga kehigenisannya bisa terjamin.

Gula Kapas

Pastinya Anda masih ingat dengan jajanan satu ini dimana berupa gula kapas atau kembang gula. Jajanan gula kapas tersebut sudah terkenal di berbagai daerah khususnya pulau Jawa kemudian juga masih dikenal dengan sebutan arbanas. Satu makanan kahas terbuat adonan gula berbentuk kapas tersebut bisa dibentuk sesuai kreatifitas pembeli sehingga anak-anak akan semakin menyukainya. Namun, jangan terlalu sering memakan kembang gula kapas karena bisa merusak gigi, jadi bisa dikonsumsi beberapa kali saja.

Gulali

Salah satu makanan jadul bernama gulali juga pernah dikonsumsi banyak orang karena dari bentuknya sangat beragam dengan berbagai warna. Bahkan dari kreatifitas pejual bisa memberi keunikan dari bentuk bunga ataupun hewan. Namun kini jajanan berupa gulali kian sulit dijumpai dan bagi Anda yang merasa kangen terhadap gulali bisa mengunjungi berbagai acara besar seperti udanngan pernikahan atau karnaval dan festival kuliner.

Sate Gulung

Banyak anak-anak merasa kangen terhadap satu jenis makanan ringan berupa sate telur dadar yang digulung. Dari sate telur dadar tersebut terbuat dari telur dadar yang digulung dan dililitkan ke tusuk sate. Proses membuat sate telur dadar gulung tersebut sangat mudah dan dari harga juga tidak terlalu mahal yakni sekitar 500 sampai 1000 per tusuknya. Jadi bisa jadi jajanan menarik untuk anak-anak karena harganya tak terlalu mahal.

Es Serut

Anak-anak usia 10-12 tahun pastinya tahu mengenai satu jajanan berupa es serut dimana dari jajanan satu ini sudah banyak ditinggalkan. Es serut bisa memberikan rasa segar dan keunikan dimana terbuat dari serutan es yang diberi sirup manis untuk menambah rasa saat mengkonsumsinya.

Menarik bukan? Dari daftar jajanan jaman dulu tersebut sampai sekarang masih ada yang tetap eksis, sehingga bila Anda menginginkannya bisa membuat sendiri atau mencari lokasi dimana penjualnya berada. Dari segi harga tentu tak terlalu mahal sehingga tak berpengaruh terhadap pemasukan perbulan Anda, jadi ayo cicipi lagi jajanan jadul untuk mengingat masa-masa sekolah.