SHARE
9 Tips Selamatkan Keyboard Anda Dari Berbagai Ancaman
9 Tips Selamatkan Keyboard Anda Dari Berbagai Ancaman (FOTO : JalanTikus)

Netizenpos.com – Memiliki perangkat PC komputer memang sangat menyenangkan karena Anda bisa mengerjakan berbagai macam aktivitas mulai dari bermain game sampai mengetik dokumen. Tak hanya dari perangkat PC komputer saja, tetapi dari laptop juga memberi fungsi sama. Di setiap perangkat komputer ataupun laptop pastinya memiliki fitur keyboard yang sangat vital untuk memberi perintah dalam segala aktivitas komputer dan laptop.

Pengguna laptop sering mengeluhkan fungsi keyboard yang kurang maksimal dimana bisa terjadi karena ada kesalahan tertentu. Beberapa kerusakan pada keyboard ternyata diakibatkan dari kelalaian penggunanya, sehingga untuk mengantisipasinya perlu tindakan tepat. Maka dari itu agar Anda tak mengalami hal sama dimana perangkat keyboard mengalami kerusakan, berikut ini ada beberapa cara untuk merawat keyboard pada laptop.

Selalu Bersihkan Keyboard Secara Rutin

Pada bagian keyboard terkadang terdapat tempelan debu ataupun kotoran setiap kita mengetik. Tentu saja partikel kecil tersebut sangat mengganggu kenyamanan saat mengetik sehingga harus sering dibersihkan agar kotoran tak masuk ke sela-sela keyboard. Dari tumpukan debu bisa mengakibatkan kerugian dimana tombol keyboard tak berfungsi maksimal karena kerusakan sambungan komponen. Gunakan kuas berukuran kecil atau alat khusus untuk membersihkan keyboard.

Hindari Cipratan Air

Tidak hanya dari cipratan air saja, sifat dari laptop yang anti air harus tetap dijaga sehingga sedikit cipratan air saja akan sangat riskan dan bisa merusak keyboard laptop. Jika terciprat air segera hilangkan memakai kain kering secara perlahan kemudian jangan pernah meletakkan air minum atau botol minuman di dekat laptop.

Kurangi Bermain Game Menggunakan Keyboard

Tak hanya kegiatan mengetik dokumen saja, pengguna keyboard bisa menggunakannya untuk bermain game. Tetapi dari aktivitas bermain game tersebut bisa memberi efek buruk pada kualitas keyboard dimana keseringan dalam menekan tombol terlalu kuat akan membuat tombol semakin menurun kualitasnya sehingga tak jarang mengalami kerusakan. Jadi sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan keyboard untuk bermain game.

Hindari Menekan Keyboard Secara Random

Jika Anda sedang kesal karena koneksi internet lemot ataupun ada permasalahan di laptop maka jangan menekan tombol keyboard terlalu sering. Berusaha tetap tenang ketika ada masalah bisa menghindarkan keyboard dari kerusakan.

Pakailah Keyboard Eksternal

Jika Anda masih merasa sayang terhadap perangkat laptop, maka untuk melakukan aktivitas mengetik atau bermain game bisa menggunakan keyboard eksternal. Dari cara satu ini bisa meghindarkan keyboard dari kerusakan karena perangkat keyboard eksternal bisa memberi proteksi maksimal dan Anda tak terlalu sering menggunakannya.

Hindari Benturan Keras

Satu lagi ad acara paling mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan pada keyboard yakni menghindari benturan keras. Jangan memegang laptop saat kondisi tangan sedang basah atau berminyak karena bisa memberi efek buruk pada genggaman. Terkadang kondisi tangan basar bisa membuat laptop mudah terjatuh.

Jangan Menekan Keyboard Terlalu Keras

Posisi duduk ketika mengoperasikan keyboard harus senyaman mungkin sehingga anda tak perlu menekan terlalu kuat dari perangkat keyboard. Anda juga bisa memakai meja laptop yang sudah memberi posisi terbaik yakni sejajar dengan area dada.

Nah, sudah jelas bukan? Itulah beberapa tips untuk menghindarkan keyboard laptop dari kerusakan. Meskipun dari perangkat keyboard bisa diperbaiki tetap Anda perlu memberi perlindungan maksimal saat mengoperasikannya.