SHARE
Cara Tepat Menjaga Kesehatan Ginjal Anda
Cara Tepat Menjaga Kesehatan Ginjal Anda (FOTO : Kesehatan Ginjal)

Netizenpos.com – Dalam tubuh manusia terdapat berbagai macam organ tubuh yang memiliki fungsi masing-masing. Seperti kita ketahui bahwa organ tubuh vital seperti ginjal mampu mendukung fungsi semua organ tubuh. Bisa kita bayangkan jika kondisi ginjal tidak dalam keadaan baik maka tubuh akan terasa lesu bahkan dari organ tubuh lainnya juga tak bekerja secara normal.

Banyak orang merasakan sakit pada organ ginjal dikarenakan kebiasaan buruk seperti tak sering minum air dan terlalu lama duduk. Sebagai salah satu organ vital di tubuh, ginjal juga mampu membersihkan semua racun sehingga tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang berkualitas baik.

Sangat penting untuk merawat ginjal agar tetap bekerja maksimal, maka dari itu bila Anda ingin menjaga kesehatan ginjal tetap stabil sebaiknya lakukan beberapa tips berikut ini.

Penuhi Kebutuhan Tidur

Kerja ginjal sangat berguna untuk memberi kelancaran pada organ tubuh lainnya. Maka dari itu istirahatlah secara benar dan setidaknya tidur selama 8 jam per hari untuk menjaga kondisi ginjal tetapi stabil.

Kurangi Konsumsi Obat-Obatan

Meski tak semua obat memiliki efek buruk pada ginjal, akan tetapi terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan juga tak baik bagi kesehatan ginjal. Perlu memperhatikan efek samping yang tertera pada bungkus obat, namun Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk lebih yakin mengenai efek samping dari obat-obatan.

Hentikan Konsumsi Alkohol

Minuman beralkohol tentu saja tak baik untuk kesehatan tubuh apalagi organ ginjal. Efek paling sering terjadi pada pecandu alkohol adalah pembengkakan ginjal hingga memicu terjadinya gagal ginjal. Jadi mulai sekarang jauhi minuman beralkohol atau sebisa mungkin hentikan konsumsi alkohol agar kondisi ginjal tetap sehat.

Memenuhi Asupan Vitamin B6

Selain menghindari minuman beralkohol, Anda juga wajib memenuhi asupan nutrisi tubuh berupa vitamin B6 dimana sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Bahkan jika Anda tak memberi asupan nutrisi berupa vitamin B6 maka kondisi ginjal bisa kurang sehat. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B6 adalah bayam dan kentang.

Rajin Minum Air Putih

Sudah menjadi hal rutin dimana seseorang wajib mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas setiap hari. Manfaat dari air putih bisa memberi kesehatan pada organ ginjal ditambah lagi memberi efek bersih di semua organ tubuh. Jangan sampai kondisi tubuh mengalami dehidrasi yang memicu beragam gangguan kesehatan.

Rajinlah Olahraga

Tak hanya mengkonsumsi air putih secara rutin saja, Anda juga perlu berolahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan ginjal. Beberapa jenis aktivitas olahraga mulai dari lari pagi dan sore bisa memberikan efek baik pada ginjal.

Jagalah Tekanan Darah

Dari tekanan darah tinggi ternyata sangat memberi efek buruk kepada ginjal karena dari segi kesehatan tentu tidak baik. Untuk tetap menjaga tekanan darah tidak naik maka hindari stress dan mengkonsumsi makanan yang menyebabkan darah tinggi.

Berhenti Merokok

Aktivitas merokok tentu tak berguna untuk kesehatan tubuh, bahkan bisa memberi gangguan kesehatan serius terutama pada kesehatan paru-paru dan jantung. Akan tetapi merokok juga bisa memberi efek buruk pada kinerja ginjal sehingga memunculkan gangguan pada ginjal.

Hindari Menahan Buan Air Kecil

Terlalu sering menahan buang air kecil bisa menimbulkan beragam gangguan terutama pada sektor kesehatan ginjal. Rasa sakit di bagian perut nantinya akan berefek buruk pada kinerja ginjal sehingga Anda jangan sekali-kali menahan buang air kecil.

Itulah cara-cara sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai dari sekarang jaga kesehatan ginjal sedini mungkin untuk menghindari gangguan kesehatannya.