SHARE
10 Manfaat Penting Dari Membaca Buku
10 Manfaat Penting Dari Membaca Buku (FOTO : Lifestyle)

Netizenpos.com – Banyak orang tahu bahwa buku menjadi satu jendela dunia dimana banyak orang pintar mendapatkan ilmu dari sebuah buku. Dari membaca buku kita bisa mendapatkan informasi terbaru ditambah lagi ada beberapa yang memberikan tema menarik. Semakin hari banyak judul dan tema buku yang bisa kita dapatkan dengan mudah bahkan sekarang sudah bisa dijual secara online.

Sayangnya minat baca dari masyarakat Indonesia masih minim dimana belum banyak yang sadar bahwa buku bisa memberikan informasi dan pengetahuan kepada pembacanya. Maka dari itu kita harus mengetahui lebih dalam apa saja keuntungan  dari membaca buku secara rutin.

Memberikan Wawasan dan Pengetahuan

Sudah menjadi hal wajar bila seseorang yang sering membaca buku bisa mendapatkan pengetahuan lebih banyak dibandingkan orang yang tak pernah membaca buku. Tak hanya itu saja, jika seseorang banyak membaca maka wawasan mereka bisa lebih luas bahkan bisa mendapatkan informasi lebih banyak dibandingkan yang tak pernah.

Memberi Stimulasi Pada Otak

Dari hasil beberapa penelitian juga memberikan efek baik bagi siapa saja yang rajin membaca yakni mampu mencegah terjadinya penyakit Alzhemeir. Aktivitas membaca akan menyehatkan sel-sel otak sehingga mampu menurunkan resiko kepikunan. Jadi mulai sekarang rajinlah membaca agar Anda terhindar dari kepikunan.

Menambah Daya Ingat

Aktivitas membaca buku bisa memberikan daya ingat lebih baik karena daya tamping informasi di dalam otak bisa lebih banyak kemudian dari segi informasi yang didapat juga lebih baik dibandingkan orang jarang membaca.

Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Saat membaca buku kita bisa melatih otak untuk tetap fokus dan konsentrasi. Maka dari itu Anda bisa melakukan aktivitas membaca untuk bisa fokus dalam menghadapi setiap kerjaan apapun.

Menambah Kosa Kata

Gemar membaca buku bisa menambah kosa kata sehingga kita bisa mengerti tentang arti kata baru yang sebelumnya tidak kita mengerti. Tak hanya itu saja, banyak orang membaca buku untuk lebih mudah dalam berinteraksi bersama orang baru.

Melatih Menulis

Setelah kita gemar membaca maka kita bisa mencoba untuk menulis dengan gaya kita sendiri. Dari ingatan kata-kata baru maka kita akan lebih mudah untuk menulis sesuatu bacaan yang sangat nyaman dan mudah dimengerti orang lain. Banyak novelis bisa membuat karya menarik karena dilandasi gemar membaca.

Mengurangi Intensitas Stress

Tak hanya bisa melatih nulis saja, Anda bisa mengurangi resiko terkena stress ketika gemar membaca. Banyak orang memilih untuk membaca dibandingkan beraktivitas lainnya, bahkan dari beberapa penelitian juga bisa memberi hasil bahwa aktivitas membaca bisa mengurangi rasa stress akibat rutinitas sehari-hari.

Meningkatkan Hubungan Sosial

Seseorang yang gemar membaca akan mendapatkan manfaat dimana dirinya bisa lebih mudah untuk bersosialisasi kepada banyak orang dengan latar belakang berbeda dari segi budaya hingga tempat. Biasanya seserang yang gemar membaca akan memiliki kepedulian lebih besar terhadap sesama.

Menyemangati Hidup

Membaca juga bisa memberi keuntungan bagi kita dimana hidup akan terasa lebih semangat dengan pengaruh lebih baik. Motivasi membaca akan memberikan kita semangat baru dalam menjalani rutinitas sehingga kita bisa mencapai tujuan dengan lebih mudah.

Memperluas Pemikiran

Tak hanya dari sisi semangat saja, Anda juga bisa memperluas pemikiran jika membaca secara rutin. Dengan membaca buku maka kita bisa membagi pengalaman kita kepada orang lain sehingga mereka bisa mendapatkan ilmu yang sama dengan kita.

Itulah beberapa manfaat dari membaca yang sampai sekarang masih belum banyak dimengerti. Jadi kita bisa memulai kebiasaan membaca sebagai satu cara menambah wawasan serta pengetahuan.