SHARE
4 Cara Tepat Merawat Sweter Agar Terlihat Awet
4 Cara Tepat Merawat Sweter Agar Terlihat Awet (FOTO : Grosir Baju)

Netizenpos.com – Beberapa jenis pakaian memiliki fungsi dimana mampu melindungi badan dari terpaan suhu luar. Dari tahun ke tahun perkembangan fashion kini semakin cepat dimana penampilan hingga kualitas bahan sangat diperhitungkan. Mungkin Anda sudah pernah mengenal ataupun mengenakan sebuah jenis pakaian bernama sweter, meskipun masih jarang dilirik ternyata keberadaan sweter bisa memberi solusi ketika suhu dingin.

Kini banyak jenis sweter dan dari segi bahan pembuatnya juga bervariasi. Akan tetapi masih banyak orang belum tahu mengenai cara merawat sweter yang mampu memberikan keawetan maksimal apalagi bisa memberikan kenyamanan saat mengenakannya. Bila Anda merasa penasaran, berikut ini beberapa tips untuk merawat sweter agar kualitasnya tidak cepat luntur.

Kejelian Dalam Membeli

Sebelum mendapatkan sweter, ternyata para penggunanya sempat memilih dari segi desain hingga kualitas bahannya. Sebagai pembeli wajib memperhatikan semua hal mulai dari kualitas benang, hingga tipe bahannya. Sebaiknya sebelum membeli periksalah kembali dari hasil rajutannya apakah masih utuh atau tidak, kemudian dari kerapiannya harus terlihat jelas, ditambah lagi tidak terlalu longgar. Sedangkan dari bahan pembuatnya bisa dari wol ataupun khasmir.

Sebelum Mencuci

Tidak hanya saat membeli saja, Anda juga memperhatikan saat mencuci sweter dimana harus memeriksa label perawatan. Nantinya dari label tersebut memberi informasi apakah aman dicuci memakai mesin cuci atau hanya cukup menggunakan tangan saja atau teknik dry cleaning. Jika dapat menggunakan mesin cuci sebaiknya gunakan perputaran cepat karena dari putaran yang pelan atau kasar bisa merusak kualitas rajutan sweter.

Saat Mencuci

Setelah memperhatikan proses sebelum mencuci, sebaiknya Anda juga memperhatikan saat proses mencucinya dimana Anda wajib memakai pelembut pakaian di saat mencuci agar kelembutannya bisa tetap terjaga. Gunakan pelembut yang berkualitas sehingga dari rajutan benang tidak cepat pudar. Tak hanya itu, pisahkan dari penyimpanannya dimana sweter harus dipisahkan dari jenis pakaian lainnya.

Proses Pengeringan

Setiap pemilik sweter wajib memperhatikan label dimana apakah aman untuk dikeringkan memakai mesin cuci atau tidak. Dari proses pengeringan tersebut bisa menentukan kenyamanan atau tidaknya sebuah sweter. Ada beberapa teknik untuk mengeringkan sweater dimana cukup menggunakan udara saja atau bisa menggunakan handuk. Tujuan dari pengeringan adalah menghilangkan kadar air di dalam kain, kemudian jangan sampai dari kain tersebut mengalami penyusutan yang mana bisa merenggangkan rajutan sehingga tidak lagi menarik digunakan.

Jenis pakaian sweater biasanya digunakan pada saat cuaca dingin, maka dari itu merawat sweater sangatlah penting untuk mejaga tubuh dari terpaan udara dingin. Gunakan sweater yang berkualitas tinggi agar tubuh mendapatkan perlindungan maksimal dari sweater.