SHARE
5 Kebiasaan Bahaya Yang Sering Dilakukan Setelah Makan
5 Kebiasaan Bahaya Yang Sering Dilakukan Setelah Makan (FOTO : Vebma)

Netizenpos.com – Setiap manusia pastinya memberi asupan nutrisi melalui makanan dan minuman. Dalam beberapa tahun belakangan banyak masalah kesehatan diidap para kalangan karena dimulai dari kebiasaan buruk setelah makan. Meski terdengar sepele, akan tetapi efek buruk dari kebiasaan buruk tersebut bisa mengancam jiwa kita.

Mungkin Anda belum terlalu mengerti mengenai kebiasaan buruk setelah makan tersebut, maka dari itu kali ini kita akan bahas bersama mengenai kebiasaan buruk yang sering dilakukan dan efeknya bisa mengganggu metabolisme tubuh.

Mandi

Mungkin Anda sering melakukan kebiasaan satu ini dimana setelah makan Anda langsung membersihkan diri dengan mandi. Memang efek baiknya bisa membersihkan tubuh, akan tetapi dari kebiasaan mandi setelah makan akan memberi efek buruk bagi pencernaan yang akan terganggu sehingga metabolisme tubuh akan melambat. Untuk mengatasi efek buruknya lakukan mandi setelah 30 menit setelah makan.

Minum Teh

Satu lagi kebiasaan buruk setelah makan adalah minum segelas atau secangkir teh. Meskipun sudah menjadi satu ritual wajib dimana banyak orang meminum segelas teh setelah makan, tetapi efek buruknya bagi tubuh bisa jelas terlihat dimana mampu mengganggu asimilasi besi. Kita tahu besi sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh terutama bagi usia anak-anak dan ibu hamil. Bagi orang yang kekurangan zat besi sebaiknya jangan minum teh setelah makan, atau berikan jeda setidaknya 1 jam setelah selesai makan. Pilih konsumsi air putih dibandingkan air teh atau kopi.

Tidur

Setelah minum teh masih ada satu lagi kebiasaan buruk yang dilakukan setelah makan salah satunya tidur. Banyak orang melakukan kebiasaan satu ini dimana aktivitas tidur dilakukan setelah makan. Banyak orang mengaggap tidur setelah makan akan menganggu pencernaan sehingga bisa menambah berat badan dengan cepat. Sebenarnya masih ada keburukan lainnya dari kebiasaan tidur setelah makan yakni akan membuat perut menjadi mulas, sering bersendawa, dan dari tingkat asam lambung akan meningkat. Bahkan jika kebiasaan tidur setelah makan dilakukan dalam jangka panjang bisa memperbesar peluang terjadinya stroke. Jika ingin tidur berikan jeda setidaknya 2 jam setelah selesai makan.

Olahraga Berat

Meskipun dari kebiasaan tidur setelah makan mampu memperbesar peluang stroke, ternyata dari satu kebiasaan lainnya seperti melakukan olahraga berat akan memberi rasa kurang nyaman. Jika kebiasaan berolahraga berat setelah makan terus dilakukan maka bisa memberi efek buruk seperti trauma ataupun kejang-kejang. Batasi olahraga setidaknya beri jeda selama 2 jam setelah makan, atau bisa juga dengan cara membatasi diri seperti melakukan olahraga ringan.

Merokok

Nah, dari kebiasaan terakhir yang tak bisa lepas dari para kalangan khususnya peroko dimana sering merokok setelah makan. Meski terdengar nikmat, akan tetapi dari kebiasaan tersebut bisa memberi efek buruk dimana kandungan nikotin bisa terserap 2 kali lebih cepat dan dari efek merusaknya bisa meningkat 2 kali lipat. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa kandungan tembakau pada sebatang rokok bisa memblokir penyerapan vitamin kemudian akan berefek negative pada tubuh khususnya proses metabolisme akan melambat sehingga memperbesar efek negative seperti terjadinya stroke, jantung koroner hingga penyakit mematikan lainnya.

Itulah kebiasaan buruk yang sering kita lakukan tanpa mengetahui efek buruknya. Jika Anda sudah mengerti sebaiknya hindari kebiasaan buruk dan gantilah dengan kebiasaan baik yang memberi efek baik pada kesehatan tubuh.