SHARE
6 Cara Tepat Kenali Situs Belanja Online Abal-Abal
6 Cara Tepat Kenali Situs Belanja Online Abal-Abal (FOTO : Rakita)

Netizenpos.com – Aktivitas belanja online atau online shopping ternyata masih sangat remain di banyak kalangan. Kita semua tahu bahwa berbagai macam situs jualan online beredar bebas di dunia maya menawarkan kemudahan dalam bertransaksi ataupun kemurahan produknya. Memang tak bisa dipungkiri jika dari situ online shop memberikan kemudahan, akan tetapi tak sedikit orang masuk dalam tindak kriminal seperti penipuan yang merugikan banyak kalangan.

Alasan keamanan selalu menjadi sorotan di dalam bisnis online, banyak orang menganggap bertransaksi melalui sistem online dirasa kurang aman, akan tetapi ada juga yang mendapatkan manfaatnya. Bagi Anda yang sering belanja online sebaiknya perhatikan beberapa ciri dari situs jualan online yang tidak kredibel atau terkesan palsu.

Perhatikan URL Situs Website

Dari cara pertama yakni mengenali URL dari situs jual online sudah bisa terlihat dimana untuk website abal-abal akan memakai nama URL kurang valid apalagi masih menggunakan nama blogspot yang kurang kredibel di telinga pembeli online. Maka dari itu pilihlah URL yang kredibel atau valid dengan embel-embel .com ataupun .co.id dan lainnya.

Produk Yang Terlihat Janggal

Dari sisi nama toko online sudah bisa terlihat dimana barang-barang yang dijual harus sesuai dengan namanya. Anda harus memastikan dari nama toko onlinenya dimana bila khusus dibuat untuk berjualan produk fashion maka yang dipamerka di dalam website harus seputar fashion tidak bisa dari barang-barang lainnya.

Lihatlah Deskripsi Produk

Rata-rata sebuah website toko online menggunakan jasa copywriter untuk membuat deskripsi produk yang berkualitas, mudah diingat, dan menarik. Bila Anda menemukan sebuah produk yang memakai deskripsi kurang valid atau terlihat asal-asalan maka menjadi satu pertanda bahwa produk yang dijual pasti kurang berkualitas.

Kontak Email Kurang Meyakinkan

Pastikan juga dari kontak email dimana wajib menggunakan nama yang valid dengan memakai gmail atau yahoo.com. Dari kontak email tersebut sudah bisa dilihat apakah produk yang ditawarkan berkualitas baik atau tidak,

Harga Produk

Selanjutnya Anda bisa melihat dari sektor harga dimana setiap produk di sebuah toko online biasanya dibanderol cukup mahal disesuaikan dengan keriteria dan keaslian produk. Akan tetapi bila ada satu website menawarkan harga diluar nalar bahkan lebih murah dibandingkan website resmi lainnya maka perlu diwaspadai bisa jadi website tersebut palsu.

Desain Website Kurang Menarik

Tak hanya dari harga produk saja, desain website juga perlu diperhatikan karena dari desain yang terlihat tertata dan mudah dipahami bisa mengindikasikan kualitas dari pelayanannya. Bila ada sebuah website yang dibuat dengan kesan asal-asalan maka perlu diwaspadai bisa jadi sebuah website toko online palsu.

Itulah beberapa ciri-ciri dari website toko online yang berkualitas atau kredibel dan tidak kredibel. Bagi pecinta online shop sebaiknya memperhatikan beberapa syarat di atas sebelum Anda membeli barang.