SHARE
3 Efek Buruk Ketika Anda Mengangkat Telepon Dari Nomor Tak Dikenal
3 Efek Buruk Ketika Anda Mengangkat Telepon Dari Nomor Tak Dikenal (FOTO : JalanTikus)

Netizenpos.com – Perangkat telpon seluler kini sudah berkembang ke berbagai kebutuhan. Tak hanya memberikan fitur telepon dan SMS saja, tetapi sebuah smartphone bisa memberi fasilitas lengkap untuk mengakses internet atau memberi fitur messaging dan mengirim email. Banyak orang melakukan komunikasi jarak jauh menggunakan perangkat ponsel mereka karena dianggap lebih praktis dan murah. Sayangnya di era modern seperti sekarang banyak oknum menggunakan smartphone untuk tindakan kejahatan seperti penipuan ataupun lainnya.

Awal dari tindak kejahatan bisa dimulai saat Anda menerima telepon dari nomor tak dikenal atau bisa juga dari telepon salah sambung. Mungkin Anda tidak sadar bahwa ada banyak bahaya yang ditimbulkan ketika anda mengangkat telepon dari nomor tak dikenal.

Penipuan Via Telepon

Kecanggihan teknologi smartphone sekarang sudah memudahkan seseorang untuk melakukan tindakan kriminal. Tidak hanya dari telepon saja, tetapi pengiriman pesan atau SMS juga bisa memberi efek buruk kepada pengguna smartphone. Bayak kasus penipuan bermula dari ketidakhati-hatian pengguna seperti menerima SMS mendapat undian pulsa ataupun dari situs tertentu yang sebenarnya bisa dicegah sebelumnya.

Mencuri Informasi

Banyak oknum tidak bertanggung jawab mengambil informasi mengenai nomor telepon seseorang dimana bisa digunakan untuk aksi krimanilitas seperti membobol kartu kredit. Bagi  orang yang kurang berhati-hati akan terpancing untuk menunjukkan nomor kartu kredit beserta angka CVC dengan iming-iming hadiah palsu. Maka dari itu jangan memberitahukan informasi pribadi dari kartu kredit atau apapun itu kepada orang lain karena sangat berbahaya dan bisa merugikan Anda.

Nomor Anda Akan Tersimpan

Jika sudah menerima telepon dari nomor tak dikenal maka secara otomatis nomor telepon Anda sudah disimpan pihak tak bertanggung jawab. Dalam beberapa kasus dijelaskan modus penipuan bermula dari menelpon iseng yang menginginkan informasi data pribadi atau hanya sekedar mengetahui bahwa nomor Anda masih aktif atau tidak.

Dari tiga bahaya tersebut sebenarnya bisa dicegah dengan mudah yakni jangan asal mengangkat telepon dan cobalah menginstall aplikasi TruCaller yang mana akan menampilkan ID dari nomor ponsel bahkan dari penelpon sekalipun. Bila Anda sudah terlanjur mengangkat telepon dari nomor tak dikenal maka Anda harus menanyakan balik mengenai informasi penelpon bisa dari identitas pribadi dan jangan menjawab pertanyaan dari penelpon yang Anda anggap mencurigakan.

Semoga dari informasi di atas bisa bermanfaat dan menghindarkan Anda dari tindakan kriminal yang dimulai dari telepon iseng atau dengan nomor tak dikenal.