SHARE
9 Tips Tepat Proteksi Ponsel Dari Serangan Hacker
9 Tips Tepat Proteksi Ponsel Dari Serangan Hacker (FOTO : JalanTikus)

Netizenpos.com – Perangkat ponsel kini menjadi satu kebutuhan penting setiap orang, bahkan menjadi satu kebutuhan vital. Dari kegunaannya memang sangat menarik dimana bisa digunakan untuk berbagai macam multimedia dan beberapa aktivitas seperti chatting ataupun telepon. Akan tetapi banyak anggapan bahwa perangkat smartphone masih sangat rentan terkena serangan para hacker apalagi dari para tokoh terkenal di dunia ataupun dari para kalangan pejabat sekalipun bisa berpotensi terkena serangan hacker.

Maka dari itu bagi pemilik smartphone sebaiknya menggunakan cara-cara sederhana berikut ini untuk menghindari serangan hacker.

Selalu Update Firmware

Pada langkah pencegahan pertama sebaiknya pengguna smartphone wajib mengupdate firmware smartphone dimana aplikasi pada smartphone harus mendapat pembaharuan secara berkala. Memang dampak dari mengupdate aplikasi secara berkala bisa mempercepat habisnya kuota, akan tetapi cara satu ini dianggap lebih efektif untuk menutup peluang para hacker meretas perangkat smartphone Anda.

Berhati-hati Dalam Menginstall Aplikasi

Masih ada satu lagi dimana setiap pengguna smartphone wajib berhati-hati dalam menginstall aplikasi bahkan dari aplikasi bersumber Google Play Store. Masih banyak orang belum menyadari bahwa aplikasi yang tidak berkualitas mampu memperbesar peluang terjadinya peretasan. Pastikan juga aplikasi yang Anda install memberi persetujuan terlebih dahulu sebelum Anda menginstallnya.

Lihatlah Ulasan Aplikasi

Pemilik smartphone wajib memperhatikan ulasan di setiap aplikasi dimana banyak pengguna lainnya memberikan tanggapan positif maupun negatif. Dari pendapat tersebut bisa memberi gambaran kepada pengguna ponsel lainnya yang ingin menginstall aplikasi.

Kuncilah Layar dan Aplikasi

Mengunci layar dan aplikasi menjadi satu kebutuhan wajib bagi pengguna smartphone karena setiap aplikasi bisa memberi keburukan bila sudah berpindah tangan. Agar data pribadi Anda tidak diretas maka gunakan aplikasi kunci aplikasi atau kunci layar menggunakan pola yang sudah terbukti mampu memproteksi layar.

Atur Device Manager atau iCloud

Selanjutnya bagi pengguna smartphone juga wajib mengatur iCloud ataupun Device Manager dimana sangat penting untuk melacak smartphone yang hilang bahkan bisa menghapus data dari jarak jauh. Banyak pengguna ponsel iPhone menggunakan fitur ADM sehingga mereka bisa melindungi data pribadi ketika ponsel hilang.

Hilangkan Fitur Remember Password

Pastinya Anda sudah pernah menggunakan fasilitas password dimana selalu ada notifikasi “remember password” memang dari fungsinya bisa memudahkan Anda tak mengisi password dan username lagi, akan tetapi dari fasilitas remember password tersebut memberikan dampak buruk ketika smartphone digunakan oleh orang lain. Maka dari itu jangan gunakan fasilitas remember password agar ponsel tak terserang hacker.

Gantilah Password Secara Berkala

Masih seputar password dimana banyak pengguna smartphone merasa kurang memperhatikan keamanan akun mereka. Jarang mengupdate password atau mengganti kombinasi password bisa memberi peluang besar bagi hacker untuk meretas data pribadi Anda. Maka dari itu gantilah password setidaknya 2 bulan sekali.

Jangan Gunakan WiFi Di Tempat Umum

Manfaat WiFi memang memudahkan Anda untuk terkoneksi internet tanpa mengeluarkan biaya atau kuota. Akan tetapi bila Anda terlalu sering memanfaatkan fitur WiFi maka informasi pribadi Anda bisa terlacak oleh hacker kemudian semakin memperbesar terjadinya tindak kriminal.

Nah, itu tadi beberapa cara untuk mencegah terjadinya peretasan oleh hacker dari perangkat smartphone Anda. Mulai sekarang cobalah untuk memberi proteksi pada akun media sosial Anda agar tidak terlacak para hacker.