SHARE
Kebiasaan Buruk Ini Bisa Percepat Kerusakan Gadget
Kebiasaan Buruk Ini Bisa Percepat Kerusakan Gadget - Gtekno

Netizenpos.com – Perangkat gadget di zaman modern seperti sekarang banyak mengundang tanya dimana spesifikasi sampai harganya sangat dicari pecinta gadget. Tak hanya dari perangkat smartphone saja tetapi untuk perangkat laptop dan kamera juga memerlukan perhatian.

Mungkin Anda belum tersadar dimana dari kebiasaan buruk yang pernah Anda lakukan bisa mempercepat kerusakan ponsel. Nah, bagi Anda yang mempunyai perangkat gadget berspesifikasi tinggi dan mahal sebaiknya hindari beberapa kebiasaan buruk berikut ini.

Mengisi Baterai Hingga Kehabisan Daya

Seringkali pengguna smartphone membiarkan daya baterai habis sampai 0% baru melakukan proses charging. Padahal dari kebiasaan tersebut memberi efek buruk dimana dari prosesnya bisa lebih lama bahkan bisa mengurangi kualitas baterai secara cepat. Tak hanya dari perangkat smartphone saja, tetapi pada perangkat laptop juga demikian.

Mengecas Baterai Satu Malam Suntuk

Aktivitas pengisi baterai gadget memang sangat penting, akan tetapi dari proses pengecasan baterai biasanya dilakukan pada malam hari sebelum tidur sehingga proses charging bisa sampai pagi. Kondisi baterai terisi 100% belum tentu aman, karena dari proses pengisian baterai tak perlu sampai 100%, cukup 90% saja.

Mengisi Baterai Memakai Perangkat Palsu

Perangkat charger asli sangat direkomendasikan untuk proses charging karena memberikan manfaat bagi kesehatan baterai. Akan tetapi rata-rata perangkat charging asli dibanderol cukup tinggi sehingga banyak yang memilih perangkat palsunya. Padahal dari perangkat charger palsu tersebut bisa memberi efek buruk kepada baterai yang perlahan akan menurun performanya.

Menyalakan Laptop Dalam Posisi Baterai Dicharing

Ketika baterai laptop habis maka perlu proses charging, akan tetapi ketika proses charging dilakukan secara terus menerus meskipun keadaan baterai sudah full akan memberi efek buruk pada kesehatan baterai. Sebaiknya biarkan baterai laptop kosong 0% selama kurang lebih 3 bulan sekali untuk menjaga keakurasian status baterai bar.

Mengoperasikan Laptop Di Atas Bantal

Kebiasaan satu ini mungkin sering dilakukan banyak orang dimana mengoperasikan laptop pada kondisi permukaan tak rata. Kebiasaan menyalakan laptop di atas bantal atau kasur akan membuat sirkulasi panas laptop terganggu sehingga memunculkan efek overheat yang tak baik untuk hardware laptop. Sebaiknya gunakan pendingin laptop di permukaan bawah bodi kemudian operasikan pada permukaan yang rata.

Mengoperasikan Laptop Saat Hujan Badai

Ketika hujan badai petir terjadi sebaiknya jangan mengoperasikan gadget termasuk laptop yang terhubung langsung ke sumber listrik. Dari kebiasaan buruk tersebut bisa mempengaruhi aliran listrik bahkan bisa terpengaruh terhadap aktivitas petir yang mampu mengurangi daya tegangan listrik.

Menyimpan Smartphone Sembarangan

Meskipun disimpan di dalam tas ternyata smartphone tak sepenuhnya aman karena barang-barang di dalam tas bisa memicu terjadinya goresan pada layar maupun bodi. Agar bodi ponsel tak tergores benda di dalam tas sebaiknya gunakan case pelindung layar.

Jarang Membersihkan Laptop

Mungkin Anda sering mengabaikan kebersihan laptop dimana sangat terpengaruh dari debu dan kotoran. Maka dari itu sebaiknya bersihkan laptop setahun sekali agar performa hardware di dalam laptop bisa tetap maksimal.

Mengoperasikan Laptop Di Bawah Sinar Matahari

Aktivitas bermain game ataupun mengoperasikan laptop langsung di bawah sinar matahari akan menurunkan performa laptop secara perlahan. Bahkan dari ketajaman layar bisa menurun karena kebiasaan tersebut. Maka dari itu jangan operasikan laptop di bawah sinar matahari.

Nah, itu tadi beberapa kebiasaan buruk bagi pengguna gadget yang belum banyak disadari, dan sekarang Anda sudah tahu cara mengatasinya sehingga berharap perangkat gadget Anda bisa panjang umur.