SHARE
5 Langkah Jitu Sisihkan Gaji Untuk Tabungan
5 Langkah Jitu Sisihkan Gaji Untuk Tabungan (FOTO : Trisepuluh)

Netizenpos.com – Setiap orang pasti memimpikan mempunyai tabungan yang banyak dihari tua sehingga berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan pensiunan dalam jumlah besar. Ada beberapa cara untuk mendapatkan income pasif di masa tua sehingga investasi jangka panjang sering dipilih. Berbagai cara seperti menabung menjadi satu cara menarik yang memberikan keuntungan bagi Anda terutama dalam berbagai kebutuhan.

Seringkali banyak orang menggunakan sistem tabungan di bank karena memiliki tingkat keamanan lebih baik dibandingkan menabung secara tradisional. Namun jika Anda memilih sistem tabungan harus berhati-hati dalam membagi uang gaji dimana sering menjadi kendala dimana banyak orang tak mampu mengaturnya.

Memang dari kegiatan menabung masih terbilang berat apalagi bagi karyawan dengan gaji pas-pasan pasti cukup kerepotan untuk menyisihkan uang untuk menabung. Ditengah mahalnya kebutuhan pokok, ternyata ada 5 langkah jitu untuk menyisihkan gaji yang nantinya akan Anda gunakan sebagai tabungan. Agar Anda lebih cepat dalam mendapatkan tabungan dalam jumlah besar, berikut ini langkah-langkahnya.

Tentukan Angka Nominal Tabungan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan jumlah besaran tabungan yang akan ditabung selama satu bulan. Tentu dalam menentukan besaran angka tabungan harus memperhatikan sektor pengeluaran secara teliti. Ambillah sebagian dari gaji untuk disihkan namun jangan lupa hitung biaya tambahan seperti biaya tak terduga yang sering membebani gaji bulanan.

Tentukan Tujuan

Selain memperkirakan nilai tabungan selanjutnya Anda perlu menentukan tujuan dari proses menabung dimana sangat berguna untuk mengendalikan sifat boros Anda. Ada beberapa alasan yang sering digunakan seperti membeli rumah, membeli motor, mobil dan lain-lain. Memiliki target bisa memberi gambaran kepada kita bahwa dalam beberapa tahun ke depan kita harus memiliki sejumlah uang yang bisa dijadikan modal membeli rumah atau membeli perangkat lainnya.

Sisihkan Uang Ketika Terima Gaji

Ketika Anda sudah mendapatkan gaji di akhir bulan maka hitung jumlah tabungan bulanan lalu sisihkan besarannya sehingga Anda tak memikirkan menabung di pertengahan bulan sudah identik dengan berkurangnya nilai gaji. Menyisihkan gaji di awal bulan adalah cara tepat untuk bisa mengatur keuangan bulanan Anda.

Buatlah Rekening Khusus Tabungan

Selain menyisihkan uang tabungan, Anda perlu membuat rekening gaji lainnya di bang berbeda dari gaji bulanan dengan tujuan menjadi tempat uang tabungan Anda. Rekening tahungan terpisah dari kebutuhan sehari-hari akan mudah dikontrol sehingga Anda tak mudah mengambil uang tabungan untuk kebutuhan sehari-hari. Jika sudah berkomitmen untuk menabung maka gunakan 2 rekening yang salah satu dikhususkan menyimpan tabungan.

Disiplin

Tips terakhir adalah selalu disiplin yang menjadi satu faktor kesuksesan Anda dalam menabung. Tanamkan rasa disiplin di dalam diri Anda dimana setiap bulannya harus bisa menabung sesuai nilai yang Anda tentukan sehingga tidak ada berbagai alasan untuk tidak menabung.

Nah, itu tadi beberapa tips tepat untuk menabung dengan mudah dan cepat. Proses menabung memang cukup lama, apalagi jika pendapatan Anda pas-pasan. Percaya kepada kemampuan diri Anda, atau bila perlu carilah pekerjaan tambahan yang mampu menambah pemasukan perbulan.

Ada banyak cara menambah uang tabungan Anda, maka dari itu pilihlah cara paling mudah yang bisa dilakukan tanpa memberatkan uang bulanan Anda. Ingatlah pepatah bahwa menabung akan membuat Anda kaya, dan pastinya memiliki keuntungan di masa tua dibandingkan orang tak mau menabung.