SHARE

Netizenpos.com – Mataram dikenal sebagai surganya para pelancong yang gemar berwisata kuliner. Beragam kuliner khas pun siap memanjakan lidahmu. Makanan khas yang ada di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat ini terkenal kaya akan rempah. Ayam taliwang, beberuq terong, dan nasi puyung selalu menjadi primadona bagi para wisatawan yang menggemari makanan pedas.

Mataram sebenarnya masih menyimpan kekayaan kuliner lain yang patut dicoba. Cita rasa pedas dari setiap masakan tradisionalnya yang berbahan dasar cabe rawit dijamin akan menggugah selera makanmu. Hampir semua warung makan di Mataram menyajikan hidangan dengan sensasi pedas yang sulit dilupakan.

Sebut saja pelecing kangkung, masakan tradisional yang terbuat dari kangkung khas Pulau Lombok ini disajikan dengan sambal dari cabe rawit, tomat, garam dan terasi yang dihaluskan. Perasan jeruk purut juga akan menambah kelezatan makanan yang dengan mudah ditemui di warung makan sepanjang Jalan Majapahit ini.

Berkunjung ke Mataram tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kudapan khas lainnya, yakni sate bulayak. Meski terdengar asing, namun penggemar sate pasti tahu makanan yang satu ini.

Sate bulayak dibuat pertama kali oleh masyarakat Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Jenis sate ini banyak dijajakan di sejumlah objek wisata di Kota Mataram, seperti Taman Narmada, Suranadi, dan di pura-pura saat Odalan (hari raya umat Hindu).

Mataram Kuliner
Kuliner Mataram (sumber : muhdhito.me)

Banyaknya pencinta sate bulayak yang datang dari kalangan wisatawan, membuat santapan ini juga merambah ke kawasan wisata Senggigi. Kelezatan sate bulayak bahkan telah akrab di lidah para wisatawan mancanegara. Selain di kawasan Senggigi, penjual sate bulayak juga banyak ditemui di sepanjang Jalan Udayanayang merupakan tempat wisata kuliner terkenal di Mataram.

Seperti sate pada umumnya, bulayak juga disajikan dengan lontong. Namun menariknya, lontong yang dijadikan makanan pendamping sate bulayak bukan dibalut dengan daun pisang melainkan janur kelapa.

Bumbunya juga tergolong unik karena terdiri dari rebusan kacang tanah sangrai yang ditumbuk dan disiram santan kelapa sehingga rasanya mirip dengan kari. Sate bulayak menggunakan daging sapi yang ditumbuk kasar dan dipotong kecil-kecil.

Bagi para penggila traveling, wisata kuliner tentu menjadi aktivitas yang wajib dilakukan. Sekarang kamu sudah tau kantempat berburu makanan khas Mataram yang nikmat? Tak ada salahnya untuk menjadikan Mataram sebagai destinasi liburanmu selanjutnya.

Jika berkunjung ke sana, kamu bisa mencari hotel murah di Mataram di Airy Rooms. Startup penyedia akomodasiini bermitra dengan berbagai hotel budgetterbesar dan terbaik di seluruh Indonesia. Dengan memesan hotel di Airy Room, dijamin liburan panjangmu nggak bikin kantong bolong.

Mataram HotelFasilitas yang lengkap juga akan menunjang liburanmu karena di jaringan hotel Airy Rooms kamar yang kamu pesan ber-AC dan dilengkapi TV layar datar. Selain itu, perlengkapan mandi, shower air hangat, air minum, dan Wifi gratis juga disediakan di setiap kamar. Tempat tidur yang bersih layaknya seperti di kamar sendiri pun bisa kamu nikmati tanpa merogoh kocek dalam-dalam.

Jangan buang waktu lagi, segera susun rencana liburanmu dan jangan lupa untuk kunjungi website Airy Rooms untuk memesan akomodasinya. Pemesanan juga bisa dilakukan melalui aplikasi di Android Apps dan Apple Apps. Di Airy Rooms, pemegang kartu kredit bisa melakukan transaksi dengan mudah, begitu pun kamu yang menginginkan sistem pembayaran melalui transfer bank.
Jadi tunggu apa lagi? Mulai nabung dari sekarang ya! Sampai jumpa di Mataram untuk merasakan sensasi rasa sate bulayak yang bikin kamu selalu rindu untuk mencicipi kuliner pedas khas kota ini.