SHARE
5 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Berupa Dasar Lautan Pada Zaman Dahulu
5 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Berupa Dasar Lautan Pada Zaman Dahulu (FOTO : Nubha Ilmi Shopper)

Semua orang bahkan dunia internasional sudah mengakui bahwa Indonesia masuk sebagai salah satu negara dengan objek wisata berlimpah. Pada beberapa tahun belakangan muncul objek-objek wisata baru mulai dari wisata alam hingga wisata buatan seperti wahana bermain ataupun pusat perbelanjaan. Seperti kita ketahui sekarang bahwa Indonesia memiliki berbagai macam daerah wisata favorit yang ternyata pada zaman dahulu berupa dasaran laut.

Terdengar menarik bahkan membuat Anda terkejut dimana puluhan juta tahun lalu lokasi dimana Anda tinggal sekarang bisa jadi sebuah daratan atau dasar laut ataupun berbentuk hutan. Memang tidak bisa dipungkiri jika daratan Asia menjadi satu tempat menarik dimana pada jutaan tahun lalu memang terdapat berbagai macam bentuk daratan sehingga sampai sekarang dijadikan tempat wisata. Nah, agar Anda bisa lebih tahu mengenai lokasi mana saja yang dahulu kala berupa dasar laut dan sekarang dijadikan kota wisata? Berikut akan kami utarakan secara lengkap.

Gunung Kidul Yogyakarta

Seperti kita ketahui Yogyakarta memiliki segudang tempat wisata menarik dimana sangat bervariasi mulai dari wisata alam hingga wahana bermain. Salah satu lokasi di Yogyakarta yakni Gunung Kidul telah menjadi satu spot menarik terutama dari beberapa gua serta pantai yang bernuansa alam. Banyak pakar mengatakan bahwa Gunung Kidul pada dahulu kala menjadi satu dasar laut yang berbeda dari sekarang kemudian ciri-cirinya bisa terlihat dengan jelas yakni terdapat batuan gamping sehingga mampu menyimpan fosil dari hewan moluska laut dangkal. Menarik memang bila melihat Gunung Kidul di zaman dahulu tidak berupa gunung namun berupa dasar lautan.

Kebumen, Jawa Tengah

Salah satu kota besar di Jawa Tengah yakni Kebumen juga menghadirkan kisah menarik dimana Kebumen menjadi satu daerah paling selatanĀ  di Pulau jawa yang pada zaman dahulu merupakan dasar lautan. Kesimpulan bahwa Kebumen pada zaman dahulu berupa dasar lautan bisa terlihat dari Sungai Luk Ula yang membentang di Karangsambung sampai Samudera Hindia. Pada aera tersebut ditemukan batu-batu basalt yang asalnya dari dasar laut sehingga kemungkinan besar Kebumen pada puluhan juta tahun lalu tidak ada di daratan.

Gunung Lawu

Mungkin Anda pernah mengunjungi salah satu tempat menarik berupa Gunung Lawu. Jawa Tengah menjadi satu spot dimana banyak menyediakan tempat wisata seperti Gunung Lawu. Ternyata puluhan juta tahun lalu Gunung Lawu menjadi satu daerah di dasar laut dimana sudah ditemukan beragam tanaman langka yang dulunya hanya bisa hidup di daerah air saja. Bila Anda penasaran atau ingin membuktikan kebenaran tentang Gunung Lawu tersebut cobalah datangi Gunung Lawu yang menjadi daerah perbatasan Magetan dengan Jawa Timur.

Bandung

Salah satu kota besar di Jawa yakni Bandung juga tak luput dari bahan penelitian para ahli dimana sudah membuktikan bahwa Bandung pada puluhan juta tahun lalu merupakan dasar lautan. Parus Van Java ataupun Bandung tersebut bisa berupa dasar laut dengan dasar bukti bebatuan hingga bagian morfolofi Gunung Api ditambah kandungan material yang mirip seperti di Sungai Citarum Purba.

Jayawijaya

Puncak Jayawijaya menjadi satu objek wisata menarik dengan saljunya yang menjadi ciri khas. Akan tetapi ada banyak peneliti menyimpulkan bahwa Puncak Jayawijaya tersebut menjadi satu daerah dasar laut pada puluhan juta tahun yang lalu ditambah adanya anggapan bahwa daerah di sekitar Puncak Jayawijaya dahulunya menyatu dengan Australia .

Itulah beberapa tempat wisata ataupun daerah di Indonesia yang dahulu kala berbentuk dasar laut, maka dari itu kunjungi tempat-tempat tersebut untuk memberi bukti kepada semua orang bahwa Indonesia memiliki kisah sejarah yang unik.