SHARE
Gunakan 5 Aplikasi Android Ini Maka Kinerja Guru Akan Semakin Mudah
Gunakan 5 Aplikasi Android Ini Maka Kinerja Guru Akan Semakin Mudah (FOTO : JalanTikus)

Netizenpos.com – Seorang guru pastinya memiliki kesibukan yang berbeda dimana pada saat mengajar hingga di rumah. Pada beberapa kesempatan ternyata seorang guru sering mengeluhkan kinerjanya yang semakin berat lantaran perubahan kurikulum dan pembaharuan sistem mengajar yang lebih modern. Memang dari seorang guru harus dituntut maksimal dalam mengajar ke siswanya, maka dari itu tak heran bila banyak guru memanfaatkan aplikasi Android untuk mempermudah proses mengajar.

Terdengar menarik dimana seorang guru bisa mengandalkan aplikasi Android untuk akses pemberian materi belajar yang lebih mudah dan efektif. Nah, bagi para guru yang sampai sekarang masih merasa kesulitan dalam mengajar cobalah gunakan beberapa aplikasi berikut ini yang mampu mempermudah proses belajar mengajar.

ClassDojo

Berbagai macam solusi untuk memberikan kemudahan bagi guru dan orang tua dalam mengajar anak-anaknya bisa berupa aplikasi yang bernama ClassDojo. Salah satu platform teknologi yang secara khusus dibuat untuk mempermudah guru mengajar di ruang kelas memberikan kemudahan dimana dari orang tua, guru, hingga siswa akan terkoneksi satu sama lain sehingga sangat mudah untuk berkomunikasi.

Edmodo

Zaman modern seperti sekarang rata-rata setiap siswa memiliki perangkat smartphone. Memang dari peraturan sekolah akan memberikan batasan waktu kepada siswa yang membawa smartphone. Akan tetapi guru bisa memanfaatkan peran smartphone tersebut untuk memakai aplikasi bernama Edmodo. Pada aplikasi satu ini bisa dimanfaatkan para guru bahkan para wali murid dimana setiap siswa bisa mengerjakan tugas rumah ataupun PR menggunakan perangkat smartphone. Tak hanya itu saja, aplikasi satu ini juga memberikan kemudahan bagi siswa untuk mengetahui nilai lebih cepat.

Schoolmedia

Menariknya ada satu lagi aplikasi bernama Schoolmedia dimana sangat cocok untuk para guru bahkan dari aplikasi ini akan memberi nilai akademik kepada orang tua dan siswa bahkan bisa mengolah adminsitrasi pembayaran.

Google Classroom

Google juga memberi banyak aplikasi yang diperlukan untuk beragam keperluan salah satunya dari keperlua bisnis hingga pendidikan. Google Classroom menjadi satu aplikasi andalan para guru dimana aplikasi satu ini juga bisa terhubung dengan aplikasi Google Calendar. Dari fitur tersebut maka secara otomatis Google akan membuat kalender di setiap kelas.

Seorang guru juga mampu memanfaatkan potingan tugas mereka di dalam kelas kemudian memanfatkan tombol Reuse post sehingga setiap postingan akan dipublikasikan kemudian diedit sesuai kebutuhan bahkan mampu menambah pertanyaan.

Ruangguru

Masih ada satu aplikasi terakhir yang bisa dimanfaatkan oleh seorang guru dan orang tua yakni Ruangguru dimana mampu menyedikan tiga aplikasi menarik khusunya kepada pelajar, orang tua, sampai guru. Solusi belajar online yang lengkap bisa dihadirkan pada aplikasi Ruangguru tersebut bahkan dari aplikasi satu ini bisa mengakses beragam soal latihan yang lengkap disesuaikan dengan kelasnya. Tidak hanya itu, tersedia 1528 video belajar yang bisa dimanfaatkan para siswa menjelang UN ataupun SBMPTN.

Nah dari aplikasi di atas memang bisa dimanfaatkan untuk memperlancar proses belajar mengajar yang selama ini menjadi kendala para guru, murid, dan orang tua. Penggunaan aplikasi belajar online memang menarik dan bisa dimanfaatkan pada proses belajar di kelas, akan tetapi penggunaannya harus berhati-hati mengingat pengguna smartphone sekarang terbilang banyak.