SHARE
Waspada! Penipuan Berikut Ini Sering Terjadi Di Kalangan Traveller
Waspada! Penipuan Berikut Ini Sering Terjadi Di Kalangan Traveller (FOTO : Logbook)

Netizenpos.com – Pecinta travelling pastinya menginginkan liburan ke berbagai tempat di saat musim liburan tiba. Banyak traveller merencakanan liburan mereka jauh-jauh hari dari memesan tiket, melihat destinasi wisata, hingga mempersiapkan perlengkapan. Memang dari aktivitas travelling sendiri membutuhkan persiapan yang matang sehingga pada saat liburan tidak mendapatkan banyak kendala.

Akan tetapi akhir-akhir ini sering terjadi penipuan di kalangan traveller dimana sangat mudah terjadi bagi orang yang belum pernah travelling ke berbagai daerah. Nah, agar Anda tidak tertipun pada saat liburan sebaiknya perhatikan ulasan berikut ini, siapa tahu berguna saat Anda membuat rencana liburan.

Situs Website Palsu

Para traveller hendaknya waspada dengan maraknya situs online palsu dimana sangat sulit untuk membedakannya karena dari kriteria website palsu dan asli hampir tidak bisa dibedakan. Rata-rata para traveller mendapat kerugian dari tertipu oleh website pemesanan tiket festival ataupun paket liburan karena dari kriterianya memang sudah sulit dibedakan.

Biasanya penipuan berawal dari penawaran harga yang lebih murah dibandingkan situs-situs lainnya. Tentu saja kurang menguntungkan bila Anda sudah membayar sejumlah uang yang cukup besar namun tidak ada tiket masuk ke email Anda. Rencana liburan terpaksa batal dan untuk melacak keberadaan pemilik situs bohongan tersebut tidak mudah karena membutuhkan pakar di bidangnya. Maka dari itu sebelum memesan tiket dari situs internet sebaiknya lihat dahulu apakah situs tersebut resmi atau tidak, bahkan beberapa cloned website tersebut biasanya dibedakan dari nama domain mulai dari .com, .co.id, kemudian diganti dengan .net atau lainnya.

Situs Penipuan

Satu lagi penipuan yang kerap terjadi bagi kalangan traveller yakni dari tampilan website. Sebuah website yang mampu menipu customer biasanya pada kolom sign up didesain dengan tampilan cantik sehingga customer tergoda. Maka dari itu agar Anda tidak tertipu oleh situs website sebaiknya cek dahulu apakah situs tersebut resmi atau tidak, jangan tegoda oleh penampilan websitenya saja.

Jika Anda jeli ada satu kriteria dimana sebuah situs website aman terpercaya atau tidak yakni dari alamat situs pemesanan yang asli biasanya terdapat alamat https:// sehingga website sudah diverifikasi dan aman untuk dioperasikan.

Terdapat Paksaan Membayar

Menariknya lagi bagi para traveller masih saja tergoda oleh harga murah kemudian ada juga pihak nakal yang memanfaatkan situasi customer dengan menawarkan rental kendaraan hingga pemandu wisata yang terlihat sangat lengkap kemudian dibungkus dengan harga paling murah. Anda perlu waspada dengan penawaran seseorang yang mengatasnamakan petugas ataupun agen travel dimana mereka memaksa customer untuk segera membayar ke rekening yang sudah tertera.

Rata-rata dari situ travelling online terdapat opsi pembayaran yang kredibel seperti transfer ke rekening perusahaan bukan atas nama orang pribadi kemdian waspadai bila ada situs yang menyediakan opsi pembayaran via karti kredit karena bisa jadi data Anda akan dikantongi oleh pihak tak bertanggung jawab.

Penjahat Berkedok Petugas Resmi

Para traveller wajib waspada terhadap pihak yang mengatasnamakan agen perjalanan dimana menawarkan paket lengkap kepada customer kemudian dari haganya terlihat tidak masuk akal. Bisa jadi petugas travel tersebut bukan dari pihak agen sehingga Anda perlu waspada.

Aktivitas liburan akan terasa menyenangkan bila Anda berhati-hati dalam menentukan semua aspek. Ciptakan rasa aman saat berlibur dimulai dengan memperhatikan beberapa hal penting dimana belum semua traveller tahu, semoga informasi di atas bermanfaat.