SHARE
Tips Aman Menggunakan ATM Terutama Saat Menarik Uang
Tips Aman Menggunakan ATM Terutama Saat Menarik Uang (FOTO : Vebma)

Netizenpos.com – Semua orang pasti sudah tahu apa itu ATM dan seperti apa bentuknya. Pada zaman modern seperti sekarang sudah pasti banyak orang memanfaatkan sisi kepraktisan dari sebuah ATM. Pada berbagai kesempatan kita bisa melihat pada saat mengambil uang di mesin ATM ada banyak atribut seperti nomor telepon yang kita wajib hubungi ketika mendapat masalah kemudian rasa khawatir berlebihan saat mengambil uang.

Memang tidak bisa dipungkiri jika mengambil uang dari mesin ATM terbilang riskan karena ada banyak kendala disana. Namun beberapa fasilitas seperti kamera CCTV ataupun posisi ATM di lingkungan ramai mampu memberi rasa aman kepada nasabah. Tetapi, Anda juga tidak boleh menyepelekan tips aman mengambil uang dari mesin ATM berikut ini yang siapa tahu bisa bermanfaat.

Hindari ATM yang Sepi

Bila Anda ingin menarik uang tunai di mesin ATM sebaiknya hindari kondisi atau lokasi ATM yang sepi. Jangan selalu mengambil uang di satu mesin ATM saja dan jangan lupa perhatikan situasi lokasi mesin ATM tersebut. Rata-rata pelaku kejahatan mengintai mesin ATM yang berada di lokasi sepi. Bila terpaksa mengambil uang tunai pada malam hari maka pilih lokasi ATM yang berada di tepi jalan atau berada di dalam minimarket atau tempat umum lainnya.

Berhati-hati Dalam Membuat Nomor Sandi

Berikutnya ada satu hal lagi yang wajib diperhatikan yakni selalu berhati-hati pada saat membuat nomor sandi. Saat membuka rekening tabungan usahakan buat pin password dengan kombinasi unik bahkan menghindari nomor tanggal lahir. Gunakan nomor yang bersifat umum seperti nomor jadian ataupun nomor telepon di awal atau di akhir. Jangan gunakan nomor kendaraan ataupun tanggal lahir bahkan yang berhubungan dengan identitas Anda.

Perhatikan Ruang ATM

Masih ada lagi tips bagi pengguna ATM dimana selalu berhati-hati dalam mengambil uang tunai dan selalu memperhatikan ruang ATM sebelum mengambil uang tunai bahkan menyetor. Sekarang para pelaku kejahatan semakin pintar untuk mengambil nomor pin ATM bahkan dari bagian mesin ATM sendiri. Kita pernah mendengar kasus pembobolan ATM atau pencurian uang dari nasabah bermula dari adanya chip perekam yang ditempatkan pada slot kartu ATM. Maka dari itu bila terjadi ATM tertelan dan tidak bisa dikeluarkan maka segera lakukan pemblokiran karena sangat beresiko saat Anda meninggalkan mesin ATM tersebut.

Jangan Tegoda Stiker di Mesin ATM

Mungkin Anda sering melihat berbagai macam stiker menempel di mesin ATM ataupun di tempat lain di dalam ruangan ATM. Rata-rata dari stiker tersebut mengajak Anda jika terjadi masalah bisa menghubungi nomor tersebut. Padahal dari stiker tersebut belum tentu benar dari pihak bank, maka dari itu hati-hati bila banyak stiker menempel di mesin ATM. Saat ini pihak bank sudah tidak memberikan banyak stiker karena mengurangi pemalsuan yang mengatasnamakan pihak bertugas yang nantinya akan memperbaiki mesin ATM.

Jangan Gunakan Komputer di Fasilitas Umum

Kemampuan e-banking membuat seseorang bisa mengakses saldo dari sebuah PC komputer, nah dari kemudahan tersebut sering diabaikan para nasabah dimana sangat rawan terjadi pencurian nomor sandi. Ada berbagai macam modus dari perangkat komputer berupa software keylocker dimana mampu mengunci data pribadi nasabah termasuk nomor pin atau sandi secara otomatis. Maka dari itu jangan gunakan fasilitas umum seperti warnet ataupun lainnya untuk mengakses akun rekening pribadi.

Itulah beberapa cara untuk terhindar dari kejahatan yang bermula dari mesin ATM. Penarikan uang di mesin ATM memang cepat namun tidak menutup kemungkinan terjadi masalah karena pihak nasabah tidak berhati-hati, maka lebih berhati-hatilah dalam mengambil uang di ATM.