SHARE
9 Manfaat Menyusui Bagi Bayi dan Ibu
9 Manfaat Menyusui Bagi Bayi dan Ibu (FOTO : Vebma)

Netizenpos.com – Proses pemberian ASI saat usia 1 sampai 2 tahun sangat penting untuk meningkatkan sistem imun serta memberi berbagai macam nutrisi kepada si bayi. Aktivitas menyusui terbilang menarik karena bisa memberikan manfaat bagi si ibu dan bayi sehingga sangat disarankan untuk selalu memberikan ASI secara rutin.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang manfaat dari aktifitas menyusui bagi si bayi dan ibu yang selama ini belum banyak dimengerti.

Kondisi Bayi Menjadi Lebih Sehat

Memang dari dunia kesehatan sangat menyarankan untuk bayi usia 1 sampai 2 tahun mendapatkan asupan ASI secara full karena mampu meningkatkan sistem imun terutama di bagian pencernaan. Pada usia 1 sampai 2 tahun sistem pencernaan bayi masih rentan terkena infeksi sehingga pemberian ASI sangat penting untuk mengurangi resiko pneumonia dan serangan virus lainnya.

Proteksi Jangka Panjang

Perlu diketahui bagi ibu menyusui bahwa pemberian ASI sangatlah penting untuk mencegah terjadinya penyakit kronis seperti celiac, Crohn, dan diabetes tipe 1. Bahkan bagi si ibu sendiri juga sangat baik dalam pemberian ASI yakni mampu mengurangi resiko terjadinya kanker payudara.

Memperkuat Tulang

Menjadi satu hal wajib bagi si bayi mendapatkan asupan ASI dimana beberapa penelitian juga memberikan hasil menarik dimana bagi wanita yang menyusui akan memberikan penurunan resiko terkena osteoporosis postmenopause. Tubuh akan menyerap kalsium sehingga bagian tulang belakang serta pinggul akan lebih padat.

Tidak Berpengaruh Terhadap Berat Badan

Banyak mitos mengatakan bahwa dari ibu hamil ataupun menyusui akan meningkatkan bobot badan sehingga lebih gemuk, ternyata mitos tersebut tidak sepenuhnya benar. Bahkan dari aktivitas menyusui tersebut akan memberikan rasa lebih bugar dan lebih sehat.

Memperkecil Resiko SIDS

Mungkin Anda belum terlalu mengenal satu serangan bagi bayi yakni Sudden Infant Death Syndrome atau SIDS dimana bayi akan meninggal secara mendadak yang diakibatkan oleh gajala yang sampai sekarng belum diketahui. Maka dari itu aktivitas menyusui akan mengurangi resiko hingga 50% dari terkena SIDS.

Mampu Membakar Kalori

Percaya atau tidak bahwa dari aktivitas menyusui tersebut akan membakar kalori sebanyak 5000 perhari. Dari kandungan ASI terdapat 20 kalori per ons kemudian jika dihitung selama 20 ons perhari maka yang sudah dikeluarkan oleh tubuh dalam satu hari bisa mencapai 400 kalori.

Lebih Efektif Dibandingkan Vaksin

Berbagai penelitian juga membuktikan bahwa dari si bayi yang diberi ASI akan mengalami respon antibody lebih baik sehingga bisa di kategorikan lebih baik dibandingkan susu formula.

Menunda Menstruasi

Bagi ibu menyusui ternyata aktivitas menyusui bayi bisa menunda ovulasi sehingga dari masa menstruasi bisa ditunda karena adanya pelepasan prolactin yang mampu menahan progresteron dan estrogen yang membuat ovulasi tidak terjadi. Jadi bisa bermanfaat bagi wanita karena dari menyusui bisa memberikan waktu tunda lebih banyak pada masa menopause.

Hemat Biaya

Bisa dibayangkan jika Anda membeli susu formula untuk memberikan nutrisi pada si bayi, padahal dengan ASI saja bisa lebih hemat karena Anda tak perlu lagi membeli susu formula. Maka dari itu sektor biaya bisa lebih hemat dibandingkan pemberian susu formula.

Itulah ragam dari manfaat pemberian ASI pada bayi dan beberapa manfaat kepada si ibu. Maka dari itu hingga sekarang gerakan memberi ASI di usia balita semakin gencar digalakkan karena mampu memberikan banyak manfaat.