SHARE

Netizenpos.com – Buat kamu yang tinggal di Eropa sana atau pernah lihat eropa lewat layar kaca pastinya tahu, kalau saat natal tiba, akan banyak salju yang turun menutupi jalan. Tapi tahukah kamu, bahwa saat seperti itu sudah menjadi masa lalu. Bahkan pada desember tahun 2015 yang lalu, curah hujan di Inggris menjadi yang tertinggi dalam sejarah meteorologi di inggris sejak tahun 1910.

Di indonesia sendiri, dampak global warning pun cukup serius, seperti berkurangnya air bersih, suhu laut yang meningkat, perubahan cuaca dan lain sebagainya. Untuk merubah semua itu, kita harus mulai dari diri kita sendiri. Lalu apa saja kah tindakan yang harus dilakukan oleh kita?

1. Mengurangi Penggunaan AC

Penggunaan AC menyumbang sebesar 6% dari pemanasan global. Hal ini disebabkan karena penggunaan AC yang berlebihan serta perbaikan AC yang menyalahi aturan, misalnya seperti penggunaan freon.  Oleh karena itu, untuk mengantisipasi global warming, kurangi lah penggunaan AC dan siasati dengan hal lain, misalnya dengan menggunakan pvc roof yaitu jenis atap yang memiliki resistensi terhadap panas.

2. Memelihara tanaman disekitar rumah

Salah satu penyebab global warming yang paling besar adalah kegiatan illegal loging yang menyebabkan gundulnya hutan. Dan langkah kecil yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak global warming adalah dengan cara menanam tumbuhan, pohon dan membuat taman di sekitar rumah. Selain bermanfaat untuk meminimalisir pemanasan global, membuat taman di halaman rumah anda dapat menjadikan rumah anda sejuk. Ditambah lagi dengan menggunakan Roof insulation atau peredam atap dengan bahan yang ramah lingkungan.

3. Kurangi membawa kendaraan pribadi

Banyaknya kuantitas kendaraan di jalan raya bukan hanya menyebabkan sumpek dan kemacetan, tapi polusi yang dihasilkan oleh kendaraan tersebut akan menyebabkan pemanasan global. Oleh karena itu, sesekali jalan kaki dan menggunakan kendaraan umum dapat membantu menurunkan polusi dan dampak mengerikan dari pemanasan global.

Atau jika tidak bisa, anda bisa menggunakan kendaraan dengan bahan bakar yang ramah lingkungan atau mengumpulkan rekan-rekan kerja kamu sendiri dan menggunakan jasa sewa mobil bersama-sama dan jangan lupa untuk membawa power bank agar tidak kehabisan baterai selama perjalanan.

4. Bawa Bekal sendiri

Saat makan siang di rumah makan, pastinya kamu sering untuk membawa makan siangmu agar dapat makan di kantor. Dengan begitu, dibutuhkan bahan plastik dan pembungkus kertas untuk mengemas makananmu. Dengan membawa bekal dari rumah atau tempat makan, kamu bisa mengurangi penggunaan kertas dan plastik secara berlebihan.

Apabila kita ingin merubah sesuatu yang lebih besar, maka semua itu dimulai dari hal yang kecil. Dengan harapan agar mereka terinspirasi dengan kita. Apabila hal kecil ini dilakukan secara bersama-sama, maka dampaknya akan sangat besar. Terutama untuk bumi kita yang tercinta.