SHARE
4 Fakta Menarik Tentang Otak Kita Yang Belum Banyak Diketahui
4 Fakta Menarik Tentang Otak Kita Yang Belum Banyak Diketahui (FOTO : Kesehatan Otak)

Netizenpos.com – Salah satu organ vital di dalam tubuh manusia adalah otak dan fungsinya sangat penting bahkan mengatur semua ritme organ tubuh hingga ke bagian sel saraf. Otak memiliki memori yang mampu menyinpan lebih dari 30-70 triliun Gb sehingga melebihi dari memori yang ada di dunia sekalipun. Banyak sel otak bisa berkembang hingga tak terbatas dan dari sel otak tersebut bisa memberikan kecerdasan kepada manusia.

Tahukah Anda bila ada beberapa fakta menarik tentang otak manusia yang sampai sekarang belum banyak dieksplorasi. Bila Anda penasaran berikut akan kita ulas bersama seperti apa fakta tersebut.

Manusia Memanfaatkan Fungsi Otak Kurang Dari 10%

Percaya atau tidak otak menjadi satu bagian penting yang diciptakan Tuhan dan dari manusianya sendiri tidak memaksimalkan kemampuan otaknya secara penuh. Melalui berbagai macam penelitian telah terbukti bahwa manusia hanya memanfaatkan otak nya hingga 10% saja. Dari bagian otak bisa memberikan hubungan atau saling bersinergi untuk memberikan fungsi ketika berpikir dan memecahkan satu masalah. Tetapi ketika otak mengalami kerusakan dalam skala kecil sekalipun akan berdampak buruk bagi tubuh.

Otak Kiri dan Kanan

Mungkin Anda sudah cukup familiar mengenai hal ini dimana otak manusia dibagi menjadi dua bagian yakni otak kanan dan otak kiri. Banyak orang mengatakan bahwa seseorang yang kreatif akan memakai otak kanan lebih banyak, sedangkan untuk otak kiri seirng berpikiran logis ataupun empiris. Ternyata ada fakta yang cukup mencengangkan dimana bagian otak kanan memberikan konsentrasi pada bidang kreatifitas sedangkan untuk otak kiri mengatur logika.

Kemampuan Berpikir Berbeda Antara Laki-Laki dan Perempuan

Anggapan bahwa laki-laki lebih berpikir logika sedangkan untuk wanita sering berpikir perasaan ternyata sudah mengakar. Padahal dari konsep tersebut tidak selalu benar karena menurut Popular Science sendiri perbedaan otak dari laki-laki dan perempuan sendiri memang terjadi tetapi skalanya sangat kecil. Pada otak laki-laki memiliki size amygdala lebih besar dimana berfungsi untuk mengatur emosi, sedangkna pada otak perempuan mempunyai ukuran hippocampus yang lebih besar dengan fungsi mengatur memori. Tetapi dari perbedaan tersebut tidak berpengaruh sepenuhnya terhadap cara berpikir perempuan ataupun laki-laki.

Mendengarkan Musik Klasik Bisa Memberi Kepintaran

Satu lagi anggapan yang mungkin sudah mengakar di masyarakat dimana ketika menempelkan headphone ke bagian perut maka ada harapan untuk sang anak memiliki kecerdasan lebih maksimal. Tetapi hal tersebut tidak selalu benar karena beberapa penelitian memberikan dampak lebih cepat ketika kemampuan otak setelah mendengarkan lagu klasik hanya bertahan dalam waktu singkat saja tidak memberikan durasi lama. Tak hanya itu saja, penelitian lainnya juga menemukan dari musik bergenre pop memiliki dampak sama bahkan lebih besar dibandingkan jenis musik klasik.

Ternyata fakta seputar otak manusia sangatlah unik. Beragam anggapan mengenai kecerdasan hingga pola pikir otak berdasarkan gender tidak selalu benar. Satu hal terpenting yang wajib diperhatikan adalah selalu menjaga kesehatan otak jangan sampai kesehatan otak terganggu apalagi mengalami kerusakan karena bisa memberi efek kurang baik. Ada beberapa cara menyehatkan otak Anda mulai dari beraktivitas rutin seperti membaca hingga mengkonsumsi makanan mengandung omega 3. Semoga informasi di atas bisa memberi gambaran kepada kita bahwa bagian otak sangat penting dan harus dimaksimalkan agar funsinya bisa lebih baik.