SHARE
Kereta Api

Kereta api merupakan salah satu sarana transportasi umum yang paling banyak dijadikan sebagai pilihan masyarakat di samping bus. Karena dari segi kecepatan lebih, bebas hambatan karena memang memiliki rel sendiri ditambah lagi dengan harganya yang sangat murah membuat berbagai kalangan, mulai dari bawah hingga menengah ke atas menggunakannya ketika akan bepergian kemanapun yang mereka inginkan. Jika dulunya untuk pembelian tiket kereta api ini maka Anda harus anti berjam-jam ke loketnya langsung, apalagi untuk mendapatkan di hari-hari besar tertentu seperti diantaranya adalah menjelang lebaran.

Maka sekarang ini sistem baru sudah dilakukan, yaitu pembelian online, dengan adanya internet memang tak bisa dipungkiri bahwa kemudahan apapun ditawarkan, salah satunya guna pemesanan tiket. Bukan hanya tiket pesawat saja, melainkan KAI sekarang ini sudah bekerjasama dan membuat sebuah situs penjualan secara khusus. Jaminan aman dan untuk mencegah adanya desak-desakan seperti yang umum terjadi jelang lebaran. Dimana harga memang mengalami peningkatan sebanding pula dengan jumlah penumpang yang mencarinya.

Sehingga jika tidak jauh-jauh hari memesannya sudah pasti akan kehabisan. Kenyataannya meskipun sekarang sudah ada sistem penjualan secara online, khusus tiket kereta api ini masih banyak diantara konsumen yang tertipu pembeliannya, entah itu harganya yang sangat mahal dari calo maupun penipuan yang umum terjadi saat pembelian online seperti biasanya. Untuk mencegah hal tersebut, maka berikut ini ada beberapa hal yang akan membantu Anda, diantaranya adalah:

1. Beli langsung dari situs resmi KAI, seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa PT KAI memiliki sebuah situs resmi yang memungkinkan Anda untuk lakukan reservasi terlebih dahulu untuk dapatkan tiket ini, jangan dari situs-situs yang lainnya, karena jaminan pembelian disini memang benar-benar aman untuk Anda. Buka langsung dari websitenya kemudian beli sesuai dengan kota tujuan Anda dan jumlah yang dibutuhkan.

2. Gunakan aplikasi pembeliannya secara langsung, langkah paling mudah dan juga aman yang lainnya adalah dengan mengandalkan sebuah aplikasi berbasis Android atau Blackberry, Anda dapat mendownloadnya terlebih dahulu, ia tersedia langsung di Google Playstore. Setelah terinstal, nantinya Anda cukup melakukan pemesanan dari sini, lebih mudah dengan jaminan aman juga.

3. Beli lewat ATM, hampir semua perusahaan keuangan menyediakan fasilitas pembelian tiket tersebut, khususnya adalah bagi Anda pengguna beberapa bank besar, seperti BNI, kemudian juga BRI, BCA dan Mandiri. Sistemnya sama seperti saat Anda melakukan pembelian pulsa prabayar maupun token listrik. Yaitu dengan mencari menu pembelian tiket online kereta api, kemudian lakukan pengisian sedikit dan juga pembayaran.

4. Beli dari agen resmi, memang selain KAI ada beberapa situs penjualan yang bekerja sama dengan PT tersebut dalam rangka penjualan tiket kereta. Anda bisa memilah-milih terlebih dahulu tawaran situs yang aman.

5. Hindari membeli dari tawaran surel (email) yang tidak dikenal atau bahkan media sosial, jelang liburan umumnya banyak sekali pesan sampah atau spam, bahkan juga tawaran-tawaran tiket via media sosial ini. Memang menggiurkan karena Anda bisa dapatkan tiket jadi cepat, namun coba banding-bandingkan harganya terlebih dahulu. pastinya akan berbeda dengan sangat jauh bukan.

Jadi bagaimana, sangat mudah bukan beli tiket kereta api sekarang ini, di aman yang serba teknologi Anda bisa memanfaatkan fasilitasnya, namun tetap dengan pertimbangan keamanan juga, karena semakin banyak penjual yang berlaku curang. Anda bisa melakukan perjalanan secara lebih mudah dan cepat.