SHARE
7 Efek Buruk Terlalu Sering Minum Sambil Berdiri
7 Efek Buruk Terlalu Sering Minum Sambil Berdiri (FOTO : fransisca4ict)

Netizenpos.com – Aktivitas sehari-hari pasti tak bisa lepas dari air putih. Manfaat dari air putih sangatlah vital dimana mampu mendukung metabolisme tubuh secara maksimal. Kita membutuhkan asupan air minum setidaknya 8 gelas perhari, maka dari itu bila aktivitas kita padat seperti berolahraga ataupun bekerja harap membawa bekal air minum lebih.

Tetapi secara tidak sadar kita sering melakukan kebiasaan buruk saat mengkonsumsi air minum yakni mengkonsumsinya dalam posisi berdiri. Nah, bagi Anda yang sering melakukan kebiasaan tersebut ketahuilah ada beberapa efek negatif dari minum dengan posisi berdiri, berikut ulasannya.

Menyebabkan Gangguan Perut

Jika Anda sering minum air putih dalam posisi berdiri maka gangguan perut bisa terjadi yang disebabkan oleh cipratan air masuk ke dinding perut secara tiba-tiba kemudian akan meruskan pencernaan. Air bisa masuk secara cepat tanpa melewati dinding usus terlebih dahulu sehingga dari cipratan air bisa merusak sistem pencernaan dalam jangka panjang.

Naiknya Asam Lambung

Secara tidak sadar kebiasaan minum dalam posisi berdiri bisa membuat kondisi lambung terganggu. Tekanan air akan memberi kejuatan pada saluran atau spincter yang mengarah ke bagian lambung sehinga mmeberikan rasa mual atau naiknya asam lambung sehingga sensasi mual dan panas bisa terjadi. Bila terjadi secara terus menerus maka dinding lambung akan terluka.

Gangguan Saluran Kandung Kemih

Banyak orang tidak menyadari dari posisi berdiri saat minum tersebut juga memberi dampak buruk pada saluran kandung kemih. Gangguan pada saluran kandung kemih terjadi akibat proses penyaringan pada ginjal tidak optimal sehingga memberikan kondisi kurang baik dimana kotoran di saluran ureter tidak bisa terbuang sempurna. Bila tidak mengubah kebiasaan tersebut maka dalam jangka panjang bisa membuat kerusakan di ginjal.

Gangguan Keseimbangan Cairan

Tidak hanya memberi dampak buruk pada kesehatan ginjal saja, jika kebiasaan tidak dirubah maka akan memberi dampak buruk berupa gangguan keseimbangan cairan tubuh yang nantinya bisa menyalur pada bagian sendi. Peradangan sendi juga bisa terjadi bahkan disertai rasa sakit.

Mengganggu Kesehatan Jantung

Perlu diperhatikan dari kebiasaan minum berdiri kurang baik bagi kesehatan jantung. Bila dalam jangka panjang tidak dirubah maka kesehatan jantung bisa terganggu karena saraf kelana pada jantung akan rusak bahkan bisa berpengaruh terhadap organ lainnya mulai dari saraf otak hingga usus besar maupun kecil.

Keseimbangan Terganggu

Dampak selanjutnya adalah keseimbangan tubuh terganggu. Minum sambil berdiri bisa menyebabkan jaringan organ saraf pusah mendapat kinerja lebih berat sehingga membuat saraf tubuh dalam keadaan stress dan pada jangka panjang akan memicu disfungsi saraf.

Masih Merasa Haus

Terakhir dampak buruk dari kebiasaan minum sambil berdiri adalah masih merasa haus meski sudah minum dalam frekuensi sering. Maka wajar bila air yang Anda minum tidak terserap sempurna oleh tubuh sehingga mulai sekarang harus diubah kebiasaan tersebut.

Kebiasaan buruk sering kita lakukan tanpa sadar, namun saat ini banyak kalangan memahami dampak buruk dari kebiasaan minum sambil berdiri. Sekarang Anda sudah tahu dampak buruknya, maka dari itu sebisa mungkin ubah kebiasaan minum sambil berdiri untuk investasi kesehatan jangka panjang. Semoga informasi di atas bisa memberi gambaran dan memberi informasi bermanfaat.