SHARE
7 Tips Mudah Rawat Baju Batik Agar Tetap Seperti Baru
7 Tips Mudah Rawat Baju Batik Agar Tetap Seperti Baru (FOTO : Caramania)

Netizenpos.com – Indonesia sangat kaya akan kebudayaan yang sampai sekarang masih tetap dilestarikan. Sangat menarik melihat kebudayaan tanah air dimana tak hanya dari hasil seni saja, tetapi bisa dari fashion hingga kulinernya. Akan tetapi kali ini kita akan membahas mengenai satu hasil kebudayaan masyarakat Indonesia yakni batik.

Batik sudah dikenal sampai ke luar negeri bahkan sudah menjadi brand busana dari Indonesia. Banyak acara-acara resmi mewajibkan memakai baju batik dan sekarang sudah beragam jenis dan coraknya. Namun, untuk merawat kemeja batik sendiri tidak terlalu mudah karena hingga sekarang banyak orang mengeluh bahwa baju batik mereka lebih mudah luntur. Padahal corak warna yang luntur disebabkan oleh perawatan yang salah. Maka dari itu yuk kita lihat seperti apa tips merawat baju batik agar terlihat seperti baru.

Jangan Memakai Mesin Cuci

Meskipun dari penggunaan mesin cuci bisa meringankan proses cuci pakaian, akan tetapi untuk jenis baju batik sangat disarangkan untuk tidak mencuci memakai mesin. Tentu saja dari serat baju batik akan cepat rusak, maka dari itu gunakan metode manual saja karena lebih efektif dan tetap menjaga serat baju tetap baik.

Pisahkan Baju Batik Dengan Bahan Lainnya

Ingatlah bahwa warna dari corak batik bisa luntur, maka dari itu agar tidak tercampur warnanya pisahkan kemeja batik di tempat lain. Pemisahan baju batik tersebut bertujuan untuk menjaga warna khas dari batik agar tetap sama seperti baru.

Mencuci Batik Memakai Shampoo

Nah, kalau satu ini terlihat cukup esktrim dimana batik dicuci memakai shampoo. Tetapi manfaatnya sangat baik karena bahan di dalam shampoo bersifat aditif sehingga sangat lembut bahkan bisa mencuci baju batik secara aman tidak seperti mencuci memakai detergen.

Gunakan Bahan Alami Saat Mencuci

Memang terbilang sulit untuk mendapatkan bahan alami untuk mencuci batik, tetapi beberapa kalangan memilih memakai bahan alami berupa lerak yang memiliki kandungan saponin dimana mampu menghasilkan busa. Dari situlah manfaat dari lerak dimana mampu membersihkan kain batik secara alami bahkan lebih aman.

Jangan Pakai Pelembut

Banyak manfaat dari pelembut pakaian, akan tetapi khusus untuk jenis baju batik sebaiknya jangan gunakan pelembut. Meski memberikan kesan lembut pada kain, tetapi pemakaian pelembut sendiri akan membuat serat kain lebih cepat rusak. Jika terlalu sering menggunakan pelembut maka serat kain bisa sangat mudah robek.

Rendamlah Ke Dalam Air Hangat

Jika ingin tekstur kain batik terlihat lebih awet dan halus maka rendamlah ke dalam air hangat. Mencuci batik memakai air hangat sudah sangat familiar karena mampu melepaskan kotoran dari serat kain. Jika kondisi batik terlihat kotor maka kucek menggunakan tangan atau manual.

Rawat Secara Berkala

Meski terlihat indah dan elegan tetapi perawatan baju batik menjadi prioritas utama karena perawatan terbaik bisa memberikan keuntungan ke depannya dimana baju batik bisa terlihat lebih menarik dan tetap indah tanpa ada warna yang luntur.

Sebagai warisan budaya bangsa, kita harus tetap melestarikannya. Maka dari itu tips merawat baju batik di atas bisa Anda lakukan dengan mudah dan satu lagi jangan remehkan kualitas kain batik karena proses pembuatannya terbilang rumit sehingga dari sisi harga rata-rata dibanderol tinggi.