SHARE
SIRI WhatsApp
SIRI WhatsApp

Netizenpos.com – Fitur WhatsApp di iOS kembali diperbarui. Dan fitur yang terbaru adalah dengan hadirnya fitur pembaca pesan WhatsApp melalui suara.

Untuk mengakses fitur ini sangat mudah, hanya dengan menggunakan perintah suara dengan kode “Hi Siri, read my last WhatsApp message”, dengan seketika, Siri akan menjalankan perintah pengguna. Jika ada pesan masuk yang belum dibuka, maka Siri akan memberikan informasi jumlah pesan masuk yang belum terbaca.

Setelah proses tersebut, selanjutnya Siri akan membaca pesan terakhir tersebut. Pengguna yang telah selesai membaca pesan, maka akan muncul opsi berikutnya. Jika akan membalas pesan tersebut, maka bisa langsung dengan mengatakan pesan yang ingin di balas. Saat pesan yang hendak dikirim, maka selanjutnya muncul pertanyaan apakah pesan tersebut akan dikirim. Ucapkan Ok atau Send, maka dengan perintah itu Siri langsung akan langsung mengirimkannya.

Fitur yang baru ada di iOS ini tentu akan sangat membantu pengguna, terutama bagi pengguna yang sedang berada mengemudikan kendaraan. Sehingga tanpa harus menyentuh iPhone, pengguna dapat mengetahui berapa jumlah pesan masuk, apakah ingin dibaca atau bahkan membalasnya. Sungguh praktis bukan?. Tak hanya itu saja, dengan fitur tanpa sentuhan maka tentu akan meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Namun perlu untuk diketahui bahwa fitur ini hanya tersedia pada iOS 10.3 ke atas dan telah mengaktifkan fungsi Hey Siri. Fitur ini dapat dengan mudah diakses dengan cara masuk ke bagian Settings > Siri, kemudian Geser tombol ke kanan pada opsi Hey Siri.

Saat pertama kali diaktifkan Siri akan meminta izin kepada pengguna untuk dapat mengakses pesan WhatsApp. Ucapkan Yes untuk memberikan otorisasi. Dalam WhatsApp, selain memungkinkan Siri membaca pesan, WhatsApp versi 2.17.2 juga turut dibenamkan sejumlah pengoptimalan, yaitu tampilan layar My Updates, sekarang memungkinkan pengguna untuk memilih beberapa status untuk di forward dan hapus sekaligus.

Ikon Voice Call lama juga telah dirubah menjadi ikon “+”, jika ditekan maka akan menunjukkan daftar kontak untuk melalukan voice call maupun video call.

Penampilan antar muka two-step verification pun mendapatkan penyegaran yang membuat pengaturan menjadi lebih mudah. Perubahan tampilan juga dapat terlihat pada Group Info, Contact Info dan bagian Calls yang memberikan kemudahan saat digunakan.

WhatsApp pun kini mengingat pengaturan kamera yang terakhir digunakan. Update bahasa juga terdapat pada WhatsApp yang telah mendukung penggunaan bahasa Persia.