SHARE
Tips Aman Cari Angkutan Umum Agar Terhindar Aksi Berbahaya
Tips Aman Cari Angkutan Umum Agar Terhindar Aksi Berbahaya (sumber : Hipwee)

Netizenpos.com – Mungkin kamu pernah melihat video-video perampokan ataupun penyanderaan seorang ibu dan anak di sebuah angkot. Kejahatan di transportasi umum seperti yang kita ketahui saat ini bisa saja terjadi kembali karena kita tak tahu modus dari pelaku.

Para kum pria dan wanita yang terlihat lemah bisa menjadi target ancaman pencopetan ataupun penjambretan sehingga butuh sesuatu untuk mencegahnya. Sarana transportasi umum memang sering menjadi satu tempat terjadinya tindak kejahatan padahal seharusnya bisa diantisipasi jika kita tahu caranya. Kali ini akan kita bahas secara lengkap bagaimana cara menghindari tindak kejahatan selama di angkutan umun, yuk mari kita cek bersama.

Jangan Gunakan Perhiasan Mewah

Tampillah sederhana tanpa memakai perhiasan emas berlebihan. Namun bila kamu ingin tampil glamor gunakan perhiasan imitasi saja karena jika hilang tidak terlalu menyesal karena harganya murah. Kasus perampokan biasa terjadi karena adanya penumpang yang terlihat mewah serta tidak terlalu memperhatikan keamanan sekitar. Tak hanya itu, jangan gunakan pakaian terlalu ketat atau menggunakan rok mini karena bisa terjadi tindak kejahatan seksual karena penggunaan pakaian terlalu ketat.

Jangan Bawa Barang Terlalu Banyak

Membawa banyak barang di sebuah angkot bisa menjadi incaran empuk para pelaku kejahatan. Bisa dibayangkan banyaknya kantung plasting kemudian masih ditambah ransel berisi barang berharga akan mengundang perampok yang dengan mudah memanfaatkan situasi.

Jangan Mainkan Gadget Di Dalam Angkot

Bermain gadget seperti smartphone memang menyenangkan, akan tetapi dari perangkat smartphone tersebut akan mengundang keinginan perampok mengambil ponsel Anda. Jadi, jangan terlalu sibuk sendiri dengan perangkat smartphone, dari perangkat yang kamu pegang tersebut bisa diincar para perampok.

Jangan Sendirian

Sebisa mungkin jangan menaiki angkot sendirian cobalah mengajak teman untuk menjaga kamu dari tindak pelaku kejahatan. Selain menjaga, teman kamu bisa dijadikan tempat curhat atau ngobrol saat di jalan.

Jangan Sampai Tertidur

Rata-rata dari tiap penumpang angkot akan merasakan kantuk apalagi jika fasilitas di dalam angkot terbilang lengkap seperti adanya AC atau kondisi kursi sangat nyaman. Tetapi dari rasa kantuk tersebut bisa memberi peluang perampok untuk mengambil barang berharga kamu, maka dari itu sebisa mungkin jangan mengantuk apalagi tertidur. Jaga keamanan barang-barang berharga kamu sebisa mungkin jangan sampai lengah karena ancaman keamanan bisa datang kapan saja.

Jangan Terima Barang Dengan Mudah

Biasanya penumpang disekitar kamu menawari barang seperti air mineral ataupun makanan yang kita sendiri tak tahu komposisinya. Nah, dari pemberian minuman tersebut bisa diisi obat ataupun sejenis bius yang membuat kamu tak sadar sehingga barang-barang seperti telepon genggam ataupun dompet menjadi incaran mepuk para perampok.

Memang semua tindak kejahatan masih belum bisa kita prediksi, tetapi masih bisa kita antisipasi ataupun kita cegah dengan menjaga semua perlengkapan atau barang-barang berharga.